Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, October 10, 2011

pasar sawit bersertifikat CSPO meningkat

JAKARTA: Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), asosiasi nirlaba pemberi sertifikat minyak kelapa sawit berkelanjutan, mengklaim ada peningkatan penyerapan minyak sawit bersertifikat lestari (Certified Sustainable Palm Oil/CSPO) oleh pasar.

Sekjen RSPO Darrel Webber mengatakan peningkatan komitmen pasar yang signifikan untuk menyerap CSPO menjadi prioritas asosiasi tersebut.
"RSPO bukan sekedar standar atau aturan sertifikasi. Kami adalah inisiatif multi-stakeholder yang mewakili lini produksi, pengguna, dan segala hal yang berada di antara keduanya," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, hari ini.

Data RSPO pada September 2011 mencatat 70% penyerapan CSPO yang merupakan penyerapan tertinggi pada tahun ini. Penyerapan sawit bersertifikat RSPO pada September tahun ini naik

48% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penyerapan CSPO meningkat dari 25,3% pada 2009 menjadi 46,2% di 2010.

Menurut dia, saat ini penyerapan telah meningkat tajam, tetapi masih terus memerlukan komitmen yang lebih tinggi. "Melalui komunikasi tahunan kami, sejumlah pengusaha ritel, produsen barang konsumsi dan para pedagang telah menyatakan komitmennya untuk 100% penggunaan CSPO sampai 2015."

Presiden RSPO Jan Keen Vis mengatakan puas terhadap peningkatan tersebut. “Pencapaian ini membangun harapan bahwa sebuah terobosan akan segera terjadi.”

Menurut Vis, selalu ada jeda antara peningkatan produksi dan penyerapan pasar, karena para pembeli dari perusahaan besar harus berkomitmen sampai dengan setahun sebelumnya untuk melakukan pembelian bahan baku.

Dia menambahkan buyer hanya menyatakan komitmennya setelah mereka memastikan bahwa barang yang akan dibeli benar-benar dapat mereka beli ke depannya.(api)(BI)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum