dokumentasi elektronik-ku ini dari berbagai sumber yang *inspiratif* dgn membiasakan " LESS PAPER " ,dan "KEBEBASAN INFORMASI", untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menunjang "AKTIVITAS HARIAN"jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,...Thank's All Of You

Search This Blog

Loading...

running text

Tuesday, November 22, 2011

Swiss investasi kakao 33 juta dolar AS...

JAKARTA- Swiss melalui perusahaan produk cokelat dan kakao terkemukanya, Barry Callebaut AG, menginvestasikan modal senilai 33 juta dolar AS, untuk membangun pabrik dan fasilitas pengolahan kakao di Makassar, Sulawesi, dengan kapasitas penggilingan awal sebesar 28.000 ton pertahun
CEO Barry Callebaut, Juergen Steinemann, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa, mengatakan, pihaknya menggandeng eksportir kakao dan jambu mete asal Indonesia, PT Comextra Majora, untuk mendirikan usaha patungan.

Mereka membentuk perusahaan baru yakni PT Barry Callebaut Comextra Indonesia yang akan mengoperasikan perusahaan kakao di Indonesia tersebut dan akan berkantor pusat di Makasar.

"Ini tindakan pertama dalam diversifikasi sumber kakao dan aktivasi pengolahan kakao. Usaha kakao yang berkelanjutan ini akan menjamin pendapatan yang lebih besar bagi para petani kakao dan akan memastikan persedian kakao yang memadai untuk rencana pengembangan di masa depan serta meningkatkan jumlah kakao bersertifikasi," katanya.

Ia berpendapat, perusahaan tersebut akan memiliki prospek yang cerah mengingat Indonesia adalah penghasil kakao terbesar ketiga di dunia.

Pihaknya akan bertanggung jawab atas pengelolaan pabrik dan akan membeli produk yang dihasilkan, sedangkan PT Comextra Majora akan memanfaatkan pengalamannya selama lebih dari 20 tahun dalam menyediakan sumber kakao untuk memasok pabrik dengan biji kakao berdasarkan perjanjian pasokan berjangka panjang.

Sementara itu, demi mendukung operasi Pabrik dalam jangka panjang, Direktur Utama PT Comextra Majora, Jimmy Wisan, akan merangkap sebagai Presiden Komisaris di perusahaan baru tersebut.

Usaha patungan baru itu akan memungkinkan Barry Callebaut untuk meningkatkan kegiatan sumber daya kakao yang berkelanjutan di Indonesia melalui kehadiran PT Comextra yang berpengalaman di lapangan dan juga meningkatkan hubungan baik dengan para petani kakao setempat.

Sementara itu Presiden Global Sourcing & Cocoa Barry Callebaut, Steven Retzlaff, menambahkan pabrik baru pengolahan kakao di Indonesia akan membantu Barry Callebaut untuk memenuhi permintaan yang meningkat atas produk kakao di wilayah Asia-Pasifik yang sedang bertumbuh pesat.

"Di samping itu, hal ini juga mampu memperkuat kegiatan sumber daya yang berkesinambungan di lapangan.?

Direktur Utama PT Comextra Majora, Jimmy Wisan, menyambut baik usaha patungan itu yang dinilainya merupakan langkah lanjutan yang wajar dari kegiatan bisnis yang lebih baik.

 "Ini memungkinkan kami memanfaatkan jaringan pasokan (sourcing) biji kakao kami di lapangan, dan juga pengalaman bisnis kami serta hubungan baik yang telah kami kembangkan di dalam maupun di luar industri makanan selama puluhan tahun di Indonesia," katanya. (H016)/Ant

Editor: Ade Marboen
COPYRIGHT © 2011

No comments:

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.