Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, December 15, 2011

Biji Kakao Masuk Bursa Berjangka

Ada kabar yang menggembirakan bagi penanam komoditas kakao, apakah bagi para petani atau perusahaan perkebunan kakao apakah itu ?...terhitung hari kamis Tgl. 15/12/2012 buah kakao tidak hanya sekedar tanaman komoditas pertanian belaka yang hanya sekedar panan kemudian langsung jual sebagai bahan mentah, akan tetapi biji kakao sudah bertambah naik kastanya karena memiliki nilai investasi ekonomi dan bisnis yang sangat diperhitungkan karena sudah masuk kepasar bursa berjangka.     berikut beritanya :
Jakarta-. Biji Kakao hari ini resmi menjadi komoditi yang diperdagangkan di Bursa Berjangka Jakarta atau Jakarta Futures exchange (JFX). Kakao menambah komoditi yang diperdagangkan di JFX seperti Oilen (produk turunan CPO), Emas dan lain-lain.
Menurut Direktur JFX, binar Sakti Wibowo,Indonesia merupakan salah satu negara produsen biji kakao terbesar ketiga di dunia, selain Pantai Gading dan Ghana, jadi sudah sepantasnya menentukan harga coklat dunia.

"Indonesia adalah produsen kakao nomor 3 di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana, sehingga Indonesia seharusnya mampu menentukan harga coklat dunia. Namun saat ini, harga kakao dan coklat dunia masih banyak ditentukan oleh negara lain," kata Direktur JFX Binar Sakti Wibowo di di Financial Hall, Graha Niaga, Jakarta, Kamis (15/12)

Apalagi dengannya adanya kontrak berjangka kakao dalam rangka mengantisipasi kebangkitan industri kakao dan coklat nasional yang semakin berkembang.

"Disamping bertujuan untuk price discovery atau penbentukan harga, perdagangan biji kakao di Bursa Berjangka Jakarta ini adalah untuk memberikan fasilitas hedging (lindung nilai) kepada para pelaku usaha industri kakao dan coklat nasional," jelasnya.

Nantinya di JFX, kontrak kakao diperdagangkan degan simbol CC5 dan setiap 1 lot bernilai 5 metrik ton. Di JFX biji kakao merupakan komoditas ke 9 yang di perdagangkan.

"Bulan kontrak adalah Maret, Mei, Juli, September dan Desember. Sedangkan mutu biji kakao yang diperdagangkan adalah kakao fermentasi sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI). Sementara tempat penyerahan di gudang penyimpanan terdaftar di Makasar, Palu dan Lampung," paparnya.

Berdasarkan data kementerian perindustrian memperlihatkan bahwa ekspor kakao olahan Indonesia meningkat dari US$142 pada Januari-Mei 2010 menjadi USD$216,4 juta pada tahun ini.

Beberapa industri yang berjalan normal bahkan saat ini sedang melakukan ekspansi. Bahkan manisnya industri coklat nasional ini telah manarik investor asing seperti Cargil, ADM, JB Cocoa, dan Barry Callebaut.(dtf)/MB/em

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum