Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, February 25, 2012

Bangka Selatan Sediakan Bibit Karet

TOBOALI: Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, pada 2012 menyediakan 350 ribu bibit karet untuk membantu petani memperluas areal dan produksi komoditas ekspor tersebut.

"Pada pertengahan tahun ini, kami akan menyalurkan bantuan bibit karet berkualitas kepada petani untuk mendorong kesejahteraan keluarga petani tersebut," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Bangka Selatan, Hatamarrasyid di Toboali, Sabtu 25 Febriari 2012.
Ia menjelaskan, jenis bibit karet yang akan disalurkan yaitu bibit karet selling dan akulasi karena memiliki getah yang banyak jika dibandingkan jenis karet lainnya.

"Selama ini, petani sulit mengembangkan perkebunan karet karena terkendala ketersediaan bibit unggul, meskipun ada harga bibit tersebut cukup tinggi sehingga petani tidak mampu membeli bibit dalam jumlah banyak," ujarnya.

Menurut dia, minat petani untuk mengembangkan perkebunan karet ini cukup tinggi karena biaya pengelolaan lahan yang murah dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk meningkatkan produksi karet.

Selain itu, harga karet basah ditingkat pedagang pengumpul cukup tinggi, berkisar Rp12 ribu hingga Rp14 ribu per kilogram sehingga sangat baik untuk memberantas kemiskinan masyarakat.

Pada 2011 luas perkebunan karet mencapai 14.108 hektare dengan produksi 73.935 ton atau meningkat jika dibandingkan tahun 2010 seluas 11,966 hektare dengan produksi 5,805 ton, 2009 seluas 10,511 hektare dengan produksi 7,224 ton, 2008 6,115 hektare dengan produksi 2,212 ton, 2007 seluas 3,795 hektare dengan produksi 3,484 ton, 2006 4,907 hektare dengan produksi 1,746 ton.

"Kami optimistis, pada tahun ini, luas dan produksi karet petani akan meningkat karena animo petani mengembangkan perkebunan karet tinggi jika dibandingkan sektor perkebunan lainnya seperti lada, kakao, cengkih, kelapa sawit dan lainnya," ujarnya.

Menurut dia, minat petani mengembangkan perkebunan karet ini ditandai tingginya permohonan bantuan bibit karet dari petani.

"Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan bibit karet petani ini dan mudah-mudahan bantuan bibit yang disediakan mencukupi untuk memenuhi permintaan bibit karet petani tahun ini," ujarnya(ANt)/Eksp

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum