untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menunjang "AKTIVITAS KERJA" dokumentasi elektronik-ku ini dari berbagai sumber yang *inspiratif* dgn membiasakan " LESS PAPER " ,dan "KEBEBASAN INFORMASI",jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,...Thank's All Of You

Search This Blog

Loading...

running text

Tuesday, February 21, 2012

Ekspor Biji Coklat Sumut Turun 54,63%

Medan : Pada Januari 2012 , realisasi nilai ekspor biji coklat  Sumatera Utara (Sumut)  turun  54,63% dibandingkan periode yang sama tahun 2011. Turunnya ekspor biji coklat ini disebabakan panen yang kurang baik dan makin banyak biji coklat yang diolah menjadi produk bernilai tambah di dalam negeri.

“Pada Januari 2012 ekspor biji coklat turun. Krena panen tahun ini memang kurang baik, biji coklat yang ditampung dan diolah di dalam negeri juga makin banyak,” ujar Kasie Hasil Pertanian dan Pertambangan Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangm Sumatera Utara, Fitra Kurnia kepada Harian Orbit,Senin (20/2) di ruang kerjanya.

Fitra mengatakan, berdasarkan Surat Keterangan Asal (SKA)  periode Januari 2012, realisasi nilai ekspor turun 54,63% dari US$13,949 juta menjadi US$ 6,328 juta. Begitu juga dengan realisasi volume ekspor coklat periode Januari 2012 yang turun 43,63% dari 5.070,5 ton menjadi 2.858 ton.
Sementara itu,katanya, data SKA juga menunjukkan sepanjang tahun 2011, devisa yang dihasilkan dari biji coklat hanya sebesar US$ 108,520 juta, turun dari tahun sebelumnya  mencapai US$ 135,011 juta.
Ia menyebutkan,penurunan nilai ekspor juga dipengaruhi  penurunan volume ekspor biji coklat yang turun dari 44.749 ton menjadi 34.862 ton.

Sedangkan negara yang meminta biji kakao Sumut yakni Malaysia, China, Prancis, Spanyol dan Amerika Serikat.
“Negara-negara tersebut memang banyak membutuhkan bahan baku kakao dari Sumut untuk pengolahan industri coklat di sana,” jelasnya.

Asosiasi Eksportir Kakao Sumut, Andryanus,turunnya ekspor biji coklat ini disebabkan  musim panen yang tidak begitu banyak.

Selain itu,katanya, pasaran di luar negeri memang lagi turun. Harga lokal kini lebih mahal dibanding ekspor, sehingga biji coklat lebih banyak dijual di pasar domestik.

Selain biji kakao,katanya, ekspor sejumlah komoditas hasil pertanian dan pertambangan juga mengalami penurunan seperti teh dan hortikultura yang mencakup cabai kering, kecang tanah, asam jawa dan bibit tanaman.
Om-33ORBIT

No comments:

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.