Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, March 10, 2012

Ekspor Tembakau Sumut Belum Terpengaruh Krisis

Medan. Nilai ekspor tembakau Sumatera Utara pada Januari 2012 masih tetap naik atau mencapai US$ 21,522 juta, meski masih terjadi krisis di Eropa dan Amerika Serikat.
"Nilai ekspor tembakau di Januari 2012 naik 0,04% dari periode sama 2011 yang masih mencapai US$ 21,513 juta," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, di Medan, Jumat (9/3). Bahkan, katanya, kalau dibandingkan pada Desember 2011, nilai ekspor tembakau di Januari 2012 naik lebih besar atau 13,21%. "Ekspor tembakau Sumut masih menjanjikan.Tahun lalu hingga November, nilai ekspor tembakau dari Sumut juga naik dibandingkan 2010 atau mencapai US$ 211,819 juta," katanya.Ekspor yang meningkat itu menggembirakan, karena terus ada kekhawatiran perdagangan komoditas itu menurun pasca PT Perkebunan Nusantara 2 yang mempunyai produk tersebut mengubah tempat pelelangan dari selama ini di Bremen, Jerman menjadi ke Medan dan disusul krisis ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa. Nyatanya, ekspor komoditas itu masih tetap eksis bahkan dengan harga jual meningkat.

Tembakau Sumut yang dikenal dengan Tembakau Deli menjadi campuran utama untuk cerutu berkualitas baik karena kekhasan aroma dan rasa tembakau itu yang masih belum ada tandingannya.

Kepala Urusan Humas PTPN 2, Rahmuddin, mengakui bahwa lelang tembakau sudah dan terus tetap dilakukan di Sumut. Perusahaan itu tetap juga mengirim contoh tembakau produksinya ke Bremen agar pedagang di negara itu atau dari negara lain bisa melihat tembakau yang akan dilelang di Sumut. "Lelang masih terus dilanjutkan di dalam negeri dan nyatanya masih efektif untuk penjualan hingga ke luar negeri," katanya. (ant)/MB

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum