Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, March 10, 2012

Harga Kakao Naik Di Pasaran Aceh

Banda Aceh : Harga biji kakao kering di tingkat petani di Provinsi Aceh mengalami kenaikan sebesar 75 poin pada Jumat, karena adanya pengaruh situasi politik yang terjadi di kawasan Afrika. 
 
Menejer operasional Forum Kakao Aceh (FKA) Azmil Umur di Banda Aceh,  mengatakan, rumor terhadap perkembangan politik di Afrika menjadi salah satu penyebab meningkatnya harga komoditas itu di pasaran yakni dari Rp18.850/Kg menjadi Rp19.400/Kg. 
"Kalangan investor merasa khawatir terhadap pasar di Afrika, sehingga mereka melirik kakao dari negara lainnya, termasuk Indonesia," katanya. 
 
Azmil mengatakan, kenaikan harga komoditas itu di pasar internasional juga ikut mempengaruhi nilai kakao di tingkat petani di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut. 
 
Dijelaskannya, salah satu komoditas unggulan asal provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu banyak di ekspor ke negara-negara konsumen kakao, seperti kawasan Eropa dan Amerika Serikat. 
 
Provinsi Aceh memiliki lahan kakao produktif sekitar 70 ribu hektare dengan rata-rata produksi sebanyak 350 Kg sampai 400 kg/hektare. 
 
Adapun luas lahan produktif tersebut tersebar di delapan kabupaten sentra kakao diantaranya Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang. 
 
Azmil menambahkan, persediaan kakao yang ada di tingkat petani di daerah sentra produksi kakao di Provinsi Aceh masih cukup untuk memenuhi permintaan pasar lokal, nasional dan internasional. 
 
"Persediaan biji kakao kering yang ada di petani kami perkirakan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen di pasaran," demikian Azmil. 
(es/ES/bd-ant)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum