Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, September 25, 2012

PTPN2 Tanam Tembakau di Luar Musim

Medan.  PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 2 melakukan penanaman tembakau deli di luar musim. Penananam dilakukan di Kebun Kelumpang sebanyak 17 ladang, Helvetia 23 ladang dan Kebun Bulucina seluas 70 ladang.

Kabag SDM PTPN2, Bambang Sutrisno mengatakan, penanaman di luar musim ini sebagai antisipasi perubahan musim agar tidak terlalu terpaku pada metode bahwa tembakau harus ditanam diawal tahun. "Percobaan tanaman di luar musim itu juga mencari areal di luar kebun yang ada dan lebih produktif," ujarnya kepada MedanBisnis, Senin (24/9).

Menurutnya, saat ini areal perkebunan PTPN2 yang konvensional sudah banyak terganggu oleh garapan sehingga dengan areal alternatif diharapkan produktivitas tetap tinggi. Apalagi dengan perubahan musim membuat pertanaman tembakau memiliki produktivitas yang rendah.

"Dengan perubahan musim saat ini, ternyata tembakau bisa ditanam di luar musimnya. Ini luar biasa dan bisa menambah target produksi tembakau di Sumut," ucap Bambang.

Untuk tanaman di luar musim ini telah dilakukan pada 4 Agustus dan 2 September 2012. Sebelumnya tanaman percobaan telah ditanam seluas 5 hektare di Kebun Sei Semayang Deliserdang. Biasanya, pertanaman tembakau deli dilakukan pada Januari hingga Maret atau saat curah hujan sedikit. "Perubahan iklim memang sangat banyak memengaruhi produktivitas tanaman. Apalagi tanaman ini ibarat merawat bayi yang butuh perhatian secara khusus," imbuhnya.

Dikatakannya, dengan perubahan iklim yang terjadi ini membuat cuaca tidak dapat diprediksi, sehingga mengganggu produktivitas tanaman. Tidak seperti dulu, diperkirakan jika awal tahun hingga April curah hujan lebih sedikit dan bulan-bulan selanjutnya terjadi musim hujan.

Pada tanaman percobaan ini, jelas Bambang, karena tidak sesuai dengan musim tanam maka lebih diperhatikan dari segi serangan hama dan penyakit serta pemakaian pestisidanya, seperti menggunakan kelambu dan bahan-bahan organik agar daun yang dihasilkan tidak mudah pecah.

"Biasanya tanaman tembakau deli ditanam saat hujan kecil. Tapi kita coba sekarang. Untuk tingkat keberhasilannya, kita tidak bisa prediksi karena ini adalah percobaan. Jika gagal maka tidak akan dilanjutkan," jelasnya.

Diakuinya, tanaman tembakau tidak bisa dikembangkan karena terbatas areal. Begitupun, pihak manajemen tidak lagi berfokus pada peningkatan produksi tapi menjadikan komoditas eksklusif sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Untuk pertanaman tembakau di tahun ini, sejak awal Maret sudah ditanam sebanyak 675 ladang yang ditanam di tiga kebun yakni Kebun Klumpang sebanyak 250 ladang, Helvetia 200 ladang dan Kebun Buluh Cina 225 ladang. Sedangkan target produksi dari pertanaman tersebut, mencapai 1.500 ball atau naik dibandingkan produksi tahun lalu sebanyak 1.200 ball yang keseluruhannya sudah habis terjual.

Sementara hasil pelelangan langsung tahun 2011, tambahnya telah habis terjual sebanyak 1.100 ball atau sekitar 80.300 kg ke pasar Eropa dan sudah dikirim ke masing-masing industri yang memesannya di sana. "Penjualan yang langsung dilakukan di Indonesia sejak tahun ini, membawa dampak positif dengan kenaikan harga jual  menjadi 38,3 Euro per kg dari sebelumnya hanya 26 Euro per kg," pungkas Bambang. (yuni naibaho)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum