Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, September 7, 2013

Mengukur Kekuatan CPO di Tengah Kenaikan Biodiesel

Jakarta —  Pemerintah Indonesia mengumumkan rencana kenaikan kandungan biodiesel pada biosolar dari 7,5% menjadi 10% atau 33%. Kenaikan ini diperkirakan hanya menaikkan konsumsi CPO sekitar 329 ribu ton pada 2014 di mana jumlah ini mewakili 1,1% dari produksi CPO Indonesia dan hanya 0,6% dari produksi CPO dunia.

Oleh karena itu, stock usage ratio dari CPO 2014 hanya sedikit mengalami penurunan dari 20,9% menjadi 20,2% dan 'stock usage ratio' ini mengalami kanaikan dari sebelumnya 18,8% tahun ini.

Analis Samuel Sekuritas Joseph Pangaribuan menuturkan, kebijakan ini diharapkan impor minyak akan berkurang sehingga dapat membantu neraca pembayaran.

Saat ini, penggunaan biodiesel diperuntukkan bagi 'subsidized transportation', non subsidized transportation, industri, dan power plant. Namun, penggunaan biodiesel yang baru berjalan untuk subsidized transportation dan non subsidized transportation.

"Hal ini diperparah lagi dengan distribusi biodiesel dari transportasi baru dilakukan di pulau Jawa," tutur Joseph dalam risetnya.

Dengan kenaikan kandungan biodiesel pada biosolar sekitar 33% serta dikombinasikan dengan konsumsi biosolar sebesar 12,8 juta kiloliter pada tahun depan, maka konsumsi CPO untuk biodiesel akan mengalami kenaikan 329 ribu ton dari proyeksi awal atau menjadi 1,3 juta ton.

Namun, tambahan konsumsi CPO ini hanya mewakili 1,1% dari produksi CPO Indonesia (produksi CPO sebelum dilakukan penyesuaian terhadap tambahan dari kenaikan konsumsi CPO untuk biodiesel) dan bahkan hanya 0,6% dari produksi CPO dunia.

Di sisi lain, kebijakan ini hanya akan mengubah posisi stock usage ratio dari CPO tahun depan menjadi 20,2% dari sebelumnya 20,9% dan stock usage ratio ini mengalami kenaikan dari sebelumnya 18,8%.

"Kami telah melakukan perubahan dalam proyeksi kami seiring dengan kebijakan kenaikan kandungan biodiesel pada biosolar yang tidak berpengaruh banyak terhadap stock usage ratio," ujarnya.

Kenaikan saham sektor perkebunan sekitar 16% dalam empat tahun terakhir ini diperkirakan lebih diakibatkan faktor pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS. Namun, Samuel telah memfaktorkan pelemahan Rupiah ini dengan mengasumsikan rata-rata nilai tukat rupiah tahun ini sekitar Rp9.850 per dolar AS ataua melemah 5,5%.

"Kami masih mempertahankan underweight untuk sektor perkebunan akibat tingginya supply dibandingkan demand yang tercermin dari stock usage ratio yang mencapai 18,8% dan 20,2% masing-masing untuk tahun ini dan tahun depan, naik dibanding posisi tahun lalu, yakni 18,3% serta tingginya biaya buruh dan pupuk untuk sebagian perusahaan," paparnya.

Author: Susan Silaban/imq21.com

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum