Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, September 20, 2013

Proyek Biosolar: Perkebunan Sawit Diintegrasikan

JAKARTA – Pemerintah tengah menjajaki berbagai potensi yang dapat diterapkan di industri kelapa sawit dalam rangka merealisasi paket kebijakan pemerintah mengenai peningkatan pemakaian biosolar.
Beberapa potensi kebijakan yang dapat dilakukan antara lain pemberlakuan bea keluar CPO dan pengintegrasian perkebunan kelapa sawit.

Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan mengatakan kebutuhan akan bioenergi tidak terelakkan, apalagi setelah adanya paket kebijakan pemerintah mengenai integrasi biofuel. Kementeriannya, secara khusus di beri tanggung jawab untuk mendukung peningkatan pemakaian biofuel dengan cara menyediakan tanaman, memberi fasilitas termasuk benih dan bibitnya, mengadakan penyuluhan.

Rusman menyebutkan saat ini, kelapa sawit merupakan satu-satunya komoditas yang siap menjadi sumber biosolar. oleh karena itu, kebijakan pemerintah harus ditekankan untuk mendorong pemakaan kelapa sawit sebagai sumber biosolar masa depan.

“Peningkatan kebutuhan kelapa sawit untuk biosolar di masa depan berpotensi mempengaruhi pasokan CPO untuk industri lainnya, oleh karena itu harus ada kebijakan guna menjaga hal tersebut tidak terjadi,” jelasnya, ketika menghadiri Workshop Pengembangan Bionergi Nasional hari ini, Rabu (18/9/2013).

Salah satu kebijakan yang mungkin bisa dilakukan, lanjutnya,antara lain pemberlakuan bea keluar terhadap komoditas CPO, hal ini diperlukan guna menjaga pasokan Cpo dalam negeri untuk memenuhi berbagai kebutuhan termasuk untuk biosolar.

Sementara, di sektor hulu, kebijakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan integrasi perkebunan kelapa sawit yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan biosolar. dengan cara ini maka akan ada jaminan pasokan baik untuk industri hilir CPO maupun untuk industri biosolar.
“Harus ada instrumen yang menjamin pasokan biofuel dari kelapa sawit. Bisa dengan cara pengenaan bea keluar khusus untuk CPO, sementara di hulu adanya perkebunan yang terintegrasi khusus untuk memnuhi pasokan biosolar,” tegasnya.

Lebih jauh, Rusman mengatakan mungkin saja adanya permentan yang secara khusus mengatur agar pengajuan ijin baru perkebunan sawit diperuntukkan khusus untuk memenuhi kebutuhan biosolar. “Mungkin saja kalau moratorium sudah selesai, ada permentan  yang menyatakan ijin baru perkebunan sawit hanya untuk biosolar, supaya ada kenyamanan atau kepastian bahan baku bagi pengembang biosolar dalam negeri,” terangnya.


http://www.bisnis.com/proyek-biosolar-perkebunan-sawit-diintegrasikan/http://www.bumn.go.id/ptpn13

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum