Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, December 25, 2013

KP USU Sepakati Kerja Sama 3 Koperasi Petani Plasma

Medan. Koperasi Pengembangan Universitas Sumatera Utara (KP USU) sepakati kerja sama dengan tiga koperasi petani Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) di Medan, Senin (23/12). Kerja sama dilakukan terkait kemitraan pembangunan dan pengelolaan perkebunan kelapa sawit di lahan yang dikelola KP USU di Madina.
Kesepakatan tersebut dilakukan Sekretaris KP USU Prof Darwin Dalimunthe dan masing-masing ketua dan anggota koperasi yakni Koperasi Al Hidayah Desa Suka Makmur, Koperasi Produsen Singkuang Desa Pasar II Singkuang, dan Koperasi Maju Bersama Jaya Desa Tabuyung. Ketiganya berada di Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Madina. "Melalui kegiatan ini kita berharap 3 desa lebih maju dan masyarakatnya sejahtera," ujar Darwin.

Dijelaskannya, dalam kesepakatan itu disebutkan koperasi yang anggotanya merupakan masyarakat di tiga desa Kecamatan Muara Batang Gadis berhak menerima alokasi bagian lahan sebesar 20% dari total Hak Guba Usaha (HGU) dari KP USU.

Diketahui, KP USU merupakan badan koperasi yang salah satu bidang usahanya agrobisnis untuk membangun kebun kelapa sawit di Desa Suka Makmur, Desa Pasar II Singkuang dan Desa Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, dengan pola kemitraan dengan masyarakat setempat guna memberdayakan dan mengembangkan masyarakat sekitar areal.

Dalam perjanjian itu juga disebutkan kalau masyarakat di tiga desa ikut mengelola kebun sawit tersebut dengan pola plasma yang pembiayaannya dari KP USU dan pengembaliannya sistem bagi hasil kepada KP USU.

"Mereka semua sudah setuju dan kita sudah lakukan 2 kali sosialisasi. Penanaman kebun plasma seiring dengan kebun inti. Dengan demikian keduanya sama-sama menghasilkan. Jadi KP USU memberi 20% dari lahan yang kita kerjakan seluas 5.600 hektare dari keseluruhan lahan 10 ribu hektare untuk petani plasma. Perjanjian ini merupakan payung hukum dan akan diteruskan ke Bupati Madina," jelas Darwin.

Ketua Koperasi Maju Bersama Jaya, Asdi Wardana, menyatakan, dengan kerja sama ini diharapkan dapat berjalan lancar dan semua masyarakat yang terlibat akan sejahtera dari sebelum-sebelumnya.

"Kita ingin hanya KP USU yang bermitra di desa kami. Karena kami percaya KP USU yang memegang teguh peraturan hukum. Meski ada yang tidak berpihak pada KP USU, tapi mereka tetap mau memajukan desa kami," katanya seraya menambahkan banyak pihak lain yang melakukan MoU dengan warga meski tidak mengantongi izin lokasi lahan tersebut. (yuni naibaho) Medan bisnis

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum