Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, April 5, 2014

Sumut Tak Mampu Hasilkan Rendemen Gula Tebu 8

Medan. Diakibatkan pengaruh iklim mikro yang tidak sesuai dan mendukung untuk dikembangkannya perkebunan tebu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hanya mampu menghasilkan rendemen gula di bawah tujuh.

Padahal, sebagaimana diketahui, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) pernah menyatakan, dalam taksasi produksi gula nasional pada tahun ini yang diperkirakan mencapai 2,9 juta ton, rendemen rata-ratanya paling tidak harus mencapai delapan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Sumut, Herawati menyatakan, sebagai provinsi yang tidak memiliki areal perkebunan tebu yang tinggi, Sumut sampai saat ini hanya mampu menghasilkan rendamen tebu rata-rata 6,4 saja.
Angka tersebut terlampau jauh dari yang dikatakan Dirjen Perkebunan. "Untuk tebu, iklim kita memang tidak mendukung. Sehingga rendemen yang dihasilkan tidak tinggi seperti yang ada pada perkebunan tebu di Pulau Jawa," ungkapnya kepada MedanBisnis, Jumat (4/4) di Medan.

Angka tersebut, sambung Herawati juga tidak dapat tercapai, meskipun pada pertengahan minggu kedua bulan Mei mendatang di Sei Semayang, serta minggu kedua bulan Juni mendatang di Kuala Madu juga melakukan panen dalam skala yang cukup besar.

"Paling-paling jika ditotalkan keseluruhan, rendemen gula yang dapat dihasilkan dari tebu Sumut hanya berkisar 6,5 sampai 6,7 saja," sebutnya.

Untuk itu, kata Herawati, jika rendamen gula pada tebu skala nasional diharuskan mencapai delapan, Sumut dengan jelas tidak akan mampu memenuhinya.
"Kita tidak mampu. Paling-paling Sumut hanya dapat terlibat dalam membantu memberikan dukungan, tetapi jika dibebankan tidak akan bisa," jelasnya.
Di samping itu, sambung Herawati, Sumut memiliki kelebihan berupa pabrik pengolahan yang dekat. Sehingga dalam masa pengiriman tidak akan sampai menurunkan kadar rendamen dalam tebu.

"Sebelum diolah yang mengulur waktu ialah pada saat antri sebelum dilakukan pengolahan. Tetapi hal itu tidak akan sampai menurunkan kadar rendemen yang signifikan. Lagipula tebu kita kan memang tidak banyak," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Dirjen Perkebunan Kementan Gamal Nasir mengatakan, produksi gula nasional pada tahun ini diperkirakan mencapai 2,9 juta ton, dan rendemen rata-rata mencapai delapan karena didukung iklim yang baik. Selain itu, pemerintah juga akan melibatkan tim independen guna memantau rendemen gula pada tebu petani yang akan digiling pabrik gula.

Sebab, menurutnya petani selalu mengaku rendemen tebu mereka tinggi sehingga berharap harga jualnya tinggi, dan sebaliknya pabrik gula menyatakan tingkat rendemen tebu (rozie winata)


bacaan terkait :
  http://cintaperkebunan.blogspot.com/2014/04/pemerintah-libatkan-tim-independen.html

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum