Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, November 22, 2014

Cangkang Sawit Diusulkan Jadi Penentu Harga TBS

Pekanbaru. Pemerintah Provinsi Riau akan mengusulkan cangkang kelapa sawit dalam Rakornas di Bangka Belitung, agar menjadi salah satu variabel penentu penetapan harga tandan buah segar (TBS) CPO sehingga petani tidak lagi dirugikan.

"Petani sawit dirugikan karena cangkang sebagai komponen bahan baku industri kelapa sawit justru dapat dikomersialkan atau diolah menjadi produk. Namun selama ini cangkang kelapa sawit telah dikomersilkan oleh perusahaan pengolah kelapa sawit dan bukan petani," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Drs Zulher MS, di Pekanbaru, Jumat (21/11).

Rakornas tim penetapan harga TBS kelapa sawit provinsi di seluruh Indonesia digelar Senin-Kamis (23-26/11) di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Menurut Zulher, Rakornas ini merupakan kegiatan pemerintah pusat untuk mengevaluasi metode penetapan harga yang selama ini telah dirumuskan. Ia mengatakan, pada kesempatan ini justru menjadi waktu yang tepat bagi seluruh daerah penghasil kelapa sawit untuk mengusulkan cangkangnya sebagai variabel dalam penetapan harga TBS tersebut. "Selama ini variabel yang dijadikan sebagai penentu harga TBS baru crude palm oil (cpo) dan palm kernel oil (PKO). Sedangkan cangkang selama ini telah dijual oleh PKS namun tidak dijadikan faktor yang memengaruhi peningkatan pendapatan perusahaan," katanya.

Selain cangkang, dia juga menilai sudah banyak produk samping bahkan limbah kelapa sawit yang dijual atau diolah. "Sebenarnya bukan cangkang saja yang diolah atau dijual pabrik kelapa sawit, namun sudah ada limbah cair untuk biogas, biomassa sebagai penghasil energi, fiber dan cangkang untuk briket ataupun yang lainnya akan tetapi beberapa perusahaan saja yang mengolahnya," katanya.

Untuk sementara yang akan diusulkan adalah cangkang, sedangkan usulan cangkang sebagai variabel penentu harga TBS digencarkan Disbun Riau sejak dua tahun lalu yakni bersamaan Rapat Koordinasi Tim Penetapan Harga TBS di Balikpapan. Pemprov Riau berharap cangkang masuk dalam variabel penentuan harga TBS CPO akan tetapi memang peserta rapat memutuskan agar mengkaji lagi produktivitas dan pengaruh cangkang terhadap harga TBS.

"Mudah-mudahan perjuangan kita untuk kesekian kalinya ini dapat mendorong lahirnya kesepakatan provinsi penghasil kelapa sawit sekaligus mendesak pemerintah agar segera menetapkan cangkang sebagai variabel harga TBS," katanya. (ant)/MedanBisnis

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.