Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, November 25, 2014

Kebanyakan Sawit..??

Kebanyakan Sawit, Mukomuko Kesusahan Cari Lahan Sawah

MUKOMUKO - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengaku kesulitan mencari lahan dalam kawasan irigasi teknis untuk dijadikan sawah baru.


"Susah cari lahan yang mau dicetak jadi sawah baru," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Elxandi, di Mukomuko, Selasa (25/11/2014).

Ia mengatakan, pihaknya sudah mendata lahan dalam kawasan irigasi teknis yang sesuai dengan kriteria kegiatan cetak sawah baru, namun banyak yang tidak sesuai dengan kriteria yang diminta.

Lahan yang sesuai kriteria kegiatan cetak sawah baru yakni lahan yang tidak pernah digarap, lahan tidur dan lahan rawa.

Namun lahan dalam irigasi teknis yang diusulkan oleh petani untuk dicetak jadi sawah baru itu mayoritas lahan yang sudah ditanami tanaman kelapa sawit.

"Lahan yang sudah ditanami tanaman kelapa sawit tidak masuk dalam kriteria lahan untuk kegiatan cetak sawah baru," ujarnya.

Sementara mayoritas lahan yang tersisa dalam irigasi teknis di daerah itu lahan yang sudah ditanami tanaman kelapa sawit.

Ia menyebutkan, tidak kurang dari 400 hektare lahan yang sudah ditanami tanaman kelapa sawit diusulkan oleh pemiliknya menjadi sawah baru.

Menurutnya, seluas 400 hektare lahan perkebunan tanaman kelapa sawit dalam irigasi teknis itu dahulunya sawah karena air irigasi tidak sampai ke lahan mereka sehingga dialihfungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit.

Selain itu, secara ekonomis menanam tanaman kelapa sawit lebih menguntungkan ketimbang bersawah. Tetapi sekarang petani sudah melihat buktinya jika bersawah lebih untung dari hasil perkebunan kelapa sawit.

Kendati demikian, usulan dari petani yang mau mengganti komoditi perkebunan menjadi padi itu akan diusulkan kepada pemerintah pusat.

Ia berharap, usulan petani itu dapat direalisasikan sehingga lahan perkebunan kelapa sawit itu bisa menjadi sawah.


Source : Antara
Editor : Yoseph Pencawan

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum