Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, August 27, 2016

BIMBINGAN TEKNIS REGISTRar Direktorat PCBM

Menurut Dr.Harry Widianto Kebutuhan Registrar yang profesional masih menjadi kendala bagi museum-museum diIndonesia,sebanyak 416 Museum yang terdaftar di Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, hanya beberapa saja yang memiliki tenaga registrar profesional dibidangnya,

Pencatatan dan pendokumentasian setiap objek maupun koleksi sangatlah penting oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia yang profesional dibidang itu . Tenaga profesional tersebut disebut registrar.
Mengacu pada International Council of Museum pada tanggal 14 Juni 1974 dikemukakan
ada 9 fungsi museum yaitu :
1.Pengumpul dan pengamanan warisan alam dan budaya 2. dokumentasi dan peneliatian ilmiah 3. konservasi dan preservasi 4. Penyebaran dan pemerataan ilmu untuk umum 5. Pengenalan dan penghayatan kesenian 6. Pengenalan Budaya antar daerah dan antar bangsa 7. Visualisasi warisan alam dan budaya 8.Cermin pertumbuhan peradaban umat manusia 9. Pembangkit rasa takwa dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa


Menurut Dr.Harry Widianto sebanyak 416 Museum yang terdaftar di Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman, hanya beberapa saja yang memiliki tenaga registrar profesional dibidangnya.
Kebutuhan Registrar yang profesional masih menjadi kendala bagi museum-museum diIndonesia, oleh sebab itu diperlukan Bimbingan dan pembinaan tenaga registrar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus keterampilan tentang sistem registrasi koleksi agar dapat diterapkan dan diajarkan ditempat/daerah masing-masing.

Upaya tersebut sudah dilakukan dua kali sebelumnya di Bogor,dan Yogyakarta, dimana Bimbingan Teknis yang dilaksanakan tanggal 24 s/d 27 Agustus 2016 kali ini adalah yang ketiga, dan menurut panitia ini merupakan penutup.
Atas dorongan dan bantuan Kepala UPT Museum Negeri SUMUT Dra.Sri Hartini,Msi, dari Museum Perkebunan Indonesia sebagai museum yang baru berdiri, dapat turut sebagai peserta dalam Bimbingan Teknis ini 
   
Panitia dan pengajar pada Bimbingan Teknis ini dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia mereka adalah para profesional dibidangnya masing-masing antara lain :
- Dr.Harry Widianto
- Yuni Astuti SH,MM
- Andini Perdana,Mhum
- Gunawan
- Andi Yazi


Materi-materi yang di sampaikan adalah :
1. Kebijakan Permuseuman 2. Kode Etik dan Peraturan Permuseuman 3. Pengadaan Koleksiteori dan praktek 4. Pencatatan Koleksi,teori dan praktek 5. Pencatata lalaulintas koleksi,teori dan praktek 6. Penghapusam Koleksi,teori dan praktek 7. Praktek pendokumentasian 8. Pengoperasian aplikasi registrasi koleksi ke PCBM.





No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.