Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, September 17, 2015

dapatkah harga sawit naik??..

 Apkasindo Prediksi Harga Sawit Naik Oktober

Medan. Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) memprediksi harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit akan bergerak naik mulai Oktober 2015. Dia juga menyesalkan anjloknya harga sawit hingga menjadi Rp500 per kg di tingkat petani. Ketua DPP Apkasindo, Anizar Simanjuntak mengatakan, biasanya permintaan TBS mulai banyak di bulan Oktober untuk memenuhi kebutuhan pabrik di akhir tahun dan awal tahun berikutnya.

Ia menambahkan pabrikan di luar negeri sudah menyiapkan produksi untuk awal tahun pada mendekati akhir tahun, karena ada libur di bulan Desember.

"Kondisi itu menyebabkan, permintaan TBS untuk diolah menjadi crude palm oil (CPO) dan produk olahan lainnya mulai tinggi sejak Oktober di setiap tahun," ujar Anizar kepada wartawan, Rabu (16/9) di Medan.

Pekan ini, tambah dia, harga TBS di tingkat petani Sibolga, Sumut dilaporkan sekitar Rp400 - Rp500 per kg dan di pabrik kelapa sawit Rp700-Rp750 per kg.

Pihaknya akan terus mendesak pemerintah untuk melakukan dan menjalankan kebijakan yang berpihak ke petani. Mulai dari soal penetapan harga patokan pemerintah (Dinas Perkebunan), di pabrikan, pembangunan infrastruktur di kawasan kebun sawit petani hingga bantuan peremajaan tanaman. "Peremajaan tanaman khususnya di Sumut yang banyak memiliki tanaman tua dibanding kan di Riau," ungkapnya.

Sementara itu, Herman petani kelapa sawit di Tandem Hilir Kampung Pisang Pasar IV mengatakan anjloknya harga membuat petani merugi sebab biaya peremajaan sawit dan pemupukan cukup tinggi. (dewi syahruni lubis)
sumber :Medanbisnis

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum