Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, August 22, 2019

LAND CLEARING

LAND CLEARING
Lahan yang akan ditanami lagi itu harus di bersihkan dan di ratakan kembali (land clearing). Untuk tiap2x perusahaan bisa menggunakan metode2x yang disesuaikan dengan keadaan perusahaan, terutama keterbatasan Alat, SDM dan Keuangannya. Sebuah kebijakan perusahaan untuk mencari mana yang lebih ekonomis.

REPLANTING  sebuah istilah yang biasa disebutkan didalam usaha perkebunan, namun 
lebih di populerkan meluas baik dilingkungan para akademisi maupun masyarakat karena adanya perkebunan sawit. Jadi maksudnya  untuk mengganti  tanaman  yang sudah tua atau produksinya sdh tidak ekonomis lagi.(lihat artikel batas ekonomis tanaman sawit)

Kalau dahulu pohon sawit hanya ditumbangkan kemudian ditimbun tanah..namun Saat ini karena menurut para pakar “perkebunan” atau hasil riset yang di menyatakan bahwa batang sawit lebih lama terurai dalam keadaan utuh di bandingkan kalau di cacah.
MAKA BANYAK PERUSAHAAN PERKEBUNAN YANG LEBIH MODERN SAAT INI MENGIKUTINYA.(tentu dengan pertimbangan dan  ada modifikasi)

Tahapan-tahapan proses Replanting zaman Now  :

1. Penumbangan
2. Pencacahan/chipping
3. Membuka /menutup bongkaran akar (buka/tutup platebad)
4. Gali lobang tanam
5. Penanaman 
6. Perawatan.


MACAM-MACAM KEGIATAN YANG DILAKUKAN DI PERKEBUNAN :

01.  Chipping, Bongkar Akar, Timbun  
02.  Menutup Lubang Eks Bonggol
03.  Buat Parit uk. 1x1x1 M
04.  Buat Parit uk. 2x2x2 M 
05.  Buat Parit uk. 4x4x4 M 
06.  Buat CECT uk. 2,4x1,8x1,2 M 
07.  Buat Parit uk. 3x2x1 M  
08.  Buat Parit 2x1x1 M 
09.  Buat Parit Tengah 1,8x0,6x1,35 M 
10.  Buat Parit Field Drain 1x0,45x0,75 M 
11.  Cambering  
12.  Tanggul ( M³ ) 
13.  Peninggian Jalan MR ( M³ ) 
14.  Peninggian Jalan CR ( M³)  
15.  Buat Jalan Main Road & Coll Road
16.  Rental 
17.  Compacting
18.  Buat Teras

Pangkas akar adalah pemotongan akar-akar kelapa sawit berukuran besar yang berada dekat pangkal batang dan dekat permukaan tanah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah tanaman kelapa sawit terbongkar dari permukaan tanah pada saat penumbangan.

Penumbangan cukup mudah dilakukan karena tanaman kelapa sawit bukan merupakan tanaman dengan akar tunggang. Sebagai tanaman yang berasal dari famili Palmae, kelapa sawit memiliki akar serabut. Penumbangan dapat dilakukan dengan alat berat yang pada tahap ini biasanya digunakan excavator yang dilengkapi dengan alat pencacah (chipper).

Pencacahan Batang dan Cabang

hasil chipping di susun 
Kegiatan pencacahan merupakan kegiatan membagi batang sawit menjadi beberapa bagian bongkahan dengan ketebalan sekitar 15 sampai 20 cm. Tujuan dari pencacahan ini adalah mempermudah serta mempercepat proses pembusukan (dekomposisi) sehingga biomassa sawit dapat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk bagi tanaman baru. Selain itu pencacahan juga bermanfaat untuk mencegah datangnya hama seperti kumbang. Kumbang akan cepat menyerang pada batang yang ditumbangkan dalam kondisi utuh.

Proses pencacahan ini cukup mudah dilakukan karena kondisi batang yang masih segar dan basah. Alat mesin yang digunakan yaitu excavator dengan kapasistas 20 ton yang dilengkapi dengan alat chipping bucket (Fadhilla 2011).





No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum