Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, March 30, 2015

Edukasi :Mengenalkan Hewan Istimewa KUDA

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (Shahih, HR. Bukhari dan Muslim)
Sebagaimana biasa dalam setiap memanfaatkan momentum-momentum kebersamaan, saya selalu mencoba menyisipkan Program pribadi saya yaitu: "SMALL EDUCATION ADVENTURE" terutama untuk anak-anak sang buah HATI-ku.  

Dalam upaya menanamkan rasa bersyukur akan kesempatan dan peluang waktu yang telah diberikan Allah SWT kepada kami, sayang rasanya kalau tidak dimanfaatkan sekaligus untuk belajar DINUL SAINTIFIK dengan cara mengeksplor segala sesuatu yang "dekat-dekat" dan terjangkau dengan kita namun tetap dapat dikorelasikan dengan apa-apa yang telah tertuang/disebutkan Allah SWT. dalam kitab suci-Nya.
 
Kalau dahulu kuda dipakai sebagai alat TRANSPORTASI utama baik sebagai pengangkut orang, barang, maupun dipergunakan sebagai kenderaan perang, namun seiring perubahan jaman disamping populasi kuda yang juga menyusut drastis, dan daya angkut yang terbatas, maka  tekhnologi dan munculnya kesadaran manusia tentang rasa sayang kepada hewan (mahkluk hidup) telah berperan menciptakan armada transportasi yang tak bernyawa.

Setelah perang dunia I negara-negara "modern" secara signifikan kuda tidak lagi mempergunakan untuk kenderaan perang dan berganti dengan benda-benda seperti berikut :

namun demikian setiap negara masih tetap ada memiliki pasukan berkuda (kavaleri) yang digunakan untuk acara-acara tertentu, atau kuda dimanfaatkan untuk olah raga berkuda.


Tuhan telah menciptakan berbagai macam mahkluk di muka bumi ini, salah satunya adalah hewan kuda. tersurat dalam Q.S. Al 'Adiyaat (100-111)kuda perang yang berlari kencang Keistimewaan yang dimiliki kuda ini tidak dimiliki binatang lain.

Kuda adalah binatang "pekerja" yang gesit, lincah dan tangguh untuk menjelajah berbagai medan di permukaan bumi ini. Maka pantaslah Allah Ta'ala mengabadikan namanya dalam sebuah surat yaitu surat Al 'Adiyaat (kuda perang), bahkan di dalam surat ini Allah telah bersumpah atas namanya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah memerintahkan umatnya untuk belajar berkuda.: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (Shahih, HR. Bukhari dan Muslim)

 “Barang siapa yang memelihara kuda (binatang) di jalan Allah dengan penuh keimanan pada Allah dan yakin akan janji kebaikan-Nya, maka sesungguhnya makanan terhadap kudanya yang dikenyangkan, pemberian minuman kepada kudanya hingga puas, bahkan kotoran dan kencing (kuda) nya kelak akan ditimbang (sebagai kebaikan) pada hari kiamat”. (HR. Bukhori).









bacaan terkait :

       Edukasi : Mengenal ilmu MEMANAH


No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum