Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, July 5, 2015

Optimis Sejuta Hektare Sawit Pada 2018

(Berita Daerah – Kalimantan) Dinas Perkebunan Kalimantan Timur mengaku optimis dapat mewujdukan satu juta hektare lahan kelapa sawit tahap dua pada tahun 2018 mendatang. Pembukaan lahan kelapa sawit ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia.
sawit

Kepala Dinass Perkebunan Kalimantan Timur, Etnawati di Samarinda, Kamis (2/7) mengatakan pembangunan sektor pertanian dalam arti luas memerlukan dukungan seluruh pihak, khususnya subsektor perkebunan dalam mewujudkan satu juta hektare lahan kelapa sawit tahap kedua yang ditargetkan dicapai pada tahun 2018.

Pemerintah pusat terus menggalakkan program revitalisasi perkebunan melalui inovasi pembiayaan perkebunan kelapa sawit pada lahan seluas 2 juta hektare milik petani swadaya yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian target pemerintah untuk produksi nasional crude palm oil (CPO) sebanyak 40 juta ton di tahun 2020.

Etnawati menambahkan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan pembangunan subsektor perkebunan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan dan pembangunan pertanian dalam arti luas. Pembangunan subsektor perkebunan tersebut melalui lima komoditi unggulan yaitu lada, kelapa sawit, kakao, karet dan kelapa.

Kelima komoditi tersebut dipilih karena para pelaku usahanya merupakan kelompok maupun masyarakat pekebun di Kalimantan Timur. Dari kelima komoditas tersebut, paling pesat pengembangannya adalah komoditi kelapa sawit yang saat ini telah melampaui target pembangunan pada tahap pertama sekitar 1,1 juta hektare dan dilanjut sejuta hektare pada tahap kedua yang ditarget dicapai pada tahun 2018.

Terkait dengan percepatan pencapaian satu juta hektare lahan kelapa sawit pada tahap kedua, Dinas Perkebunan Kalimantan Timur akan terus berkoordinasi dengan pelaku usaha, pekebun dan pengusaha. Melalui moratorium diharapkan mampu memicu pencapaian target-target pembangunan subsektor perkebunan di Kalimantan Timur.

Selain kelapa sawit yang terus mengalami peningkatan pengembangan, komoditi lada juga terus meningkat dikarenakan nilai jual yang tinggi. Komoditi kakao juga kembali digalakkan oleh pemerintah pusat dan Dinas Perkebunan Kalimantan Timur akan memanfaatkannya dengan siap menjadi sentra komoditi kakao.

Beberapa daerah di Kalimantan Timur yang tercatat sebagai sentra penanaman kakao antara lain Kabupaten Nunukan (Kecamatan Lumbis dan Pulau Sebatik), Kabupaten Malinau (Kecamatan Malinau), Kabupaten Berau (Kecamatan Talisayan), Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Timur (Teluk Pandan).

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant
 http://beritadaerah.co.id/2015/07/03/disbun-kalimantan-timur-optimis-sejuta-hektare-sawit-pada-2018/

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum