Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, April 20, 2013

Apkasindo Indragiri Hulu : Butuh Pembibitan Sawit

RENGAT : Pengurus asosiasi petani sawit Indonesia (Apkasindo) di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, membutuhkan lahan untuk pembibitan sawit serta pembekalan sehingga keperluan bibit unggul bisa mudah didapat di daerah sendiri.
"Bibit yang berkualitas merupakan dambaan setiap petani, agar usaha yang dilakukan dengan biaya besar dalam waktu lama hingga panen tidak sia-sia," kata Ketua Apkasindo Kabupaten Inhu Emi Rosadi, di Rengat, Rabu 17 April 2013.
Dikatakan, pihaknya sudah mendapatkan sinyal akan memperoleh bantuan pembibitan sawit yang berkualitas tersebut pada anggaran 2014 dan nantinya bibit sawit dibagikan kepada petani khususnya kelompok.

Untuk mendapatkan bibit ini salah satu persyaratannya adalah, memiliki lahan sekitar 10 hektare untuk lokasi pembibitan tersebut. Sementara saat ini petani swadaya tidak memiliki lahan kosong dimaksud.

Dikhawatirkan dengan tidak adanya lahan yang menjadi persyaratan tersebut akan gagal untuk mendapatkan bibit dari pemerintah daerah Indragiri Hulu.

Maka petani swadaya membutuhkan bapak angkat untuk membantu lahan pembibitan tersebut. Apkasindo juga akan mengusulkan ini kepada Pemkab Inhu untuk pembelian lahan pembibitan sawit petani swadaya ini.

"Nanti lahan itu bisa menjadi aset daerah,"ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, kedepan kebutuhan bibit unggul makin dinantikan petani, hanya saja harga bibit yang berkualitas selama ini cukup tinggi, hingga mereka kesulitan untuk mendapatkannya akibat keterbatasan dana.

Dengan adanya pembibitan tersebut, masyarakat akan mendapatkan dengan harga yang lebih murah sekaligus menjadi pembelajaran dimana kedepannya petanipun akan dapat menyediakan bibit yang berkualitas juga dengan modal yang rendah.

Informasi terbaru disebutkan bahwa setiap pembibitan harus memiliki sertifikat dari lembaga berwenang. Maka pembibitan yang akan dikelola Apkasindo bersama petani swadaya juga akan mendapatkan sertifikat dimaksud.

Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh Bappenas menunjukan bahawa hampir 60 persen masyarakat Indragiri Hulu menggantungkan hidup dari usaha pertanian salah satunya adalah perkebunan sawit.

Dengan demikian prospek peningkatan ekonomi masyarakat melalui bibit sawit yang berkualitas sangat tinggi.

Jika hal ini sudah dilakukan dari sekarang, empat tahun kedepan petani yang menggunakan bibit berkualitas tinggi ini akan dapat menikmati hasilnya.

Jadi usaha masyarakat tidak sia-sia, walaupun memulainya sangat sulit tetapi dari kesulitan ini akan mendapatkan hasil jangka panjang yang memuaskan.(ant)/Eksp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum