Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, February 27, 2013

PTPN II : Pertahankan Tanaman Tembakau

MEDAN : Manajemen PT Perkebunan Nusantara II terus berupaya mempertahankan tanaman tembakau meski sangat berat karena tidak ekonomis lagi.
"Tanaman tembakau tetap ada dan ekspor juga masih berjalan," kata Humas PTPN II Rahmuddin di Medan, Rabu 27 Februari 2013.
Menurut dia, meski masih ada, produksinya tidak seperti pada 1990-an karena banyak faktor seperti cuaca dan tidak ekonomisnya lagi tanaman itu di mana harga jual tidak seimbang dengan biaya produksi.

Belum lagi semakin ketatnya persaingan bisnis itu di tengah permintaan yang melesu dampak krisis global.

Saat masa kejayaan Tembakau Deli, kata dia, produksi bisa mencapai puluhan ribu bal per tahun, tapi dewasa ini hanya ribuan bal.

Lelang juga masih tetap dilaksanakan di dalam negeri setelah di Bremen dihentikan beberapa tahun silam untuk penghematan anggaran.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, menyebutkan, pada tahun lalu, nilai ekspor tembakau Sumut naik 10,71 persen menjadi 255,556 juta dolar AS dari 2011 yang masih sebesar 239,830 juta dolar AS.

Kenaikan devisa tampak terjadi di beberapa bulan seperti di akhir tahun dimana pada November devisa tembakau hanya 22,249 juta dolar AS menjad 25,198 juta dolar AS pada Desember 2012.

Suharno mengakui, kenaikan nilai devisa tembakau itu menjadi salah satu golongan barang yang menekan anjloknya secara total devisa Sumut di tahun lalu.

Pada 2012, nilai ekspor Sumut turun 11,17 persen dibandingkan 2011 atau tinggal 11,883 miliar dolar AS.(antara)
/EKsp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum