Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, February 8, 2013

Alihfungsi Lahan Pertanian ke Sawit .....

STABAT : Bupati Langkat Sumatera Utara Ngogesa Sitepu berharap agar para petani tidak lagi mengalih fungsikan lahan pertanian ke pertanaman kelapa sawit, dan itu harus segera dihentikan agar swasembada pangan tetap terjaga.
"Petani harus menghentikan alih fungsi lahan pertanian ke kelapa sawit," kata Ngogesa Sitepudi Stabat, Jumat 8 Februari 2013.

Penegasan itu disampaikanya menyangkut adanya berbagai upaya untuk mengalihkan lahan pertanian menjadi perkebunan kelapa sawit.

"Swasembada pangan kita akan terancam bila hal itu terus berlanjut," katanya.

Untuk itu pihaknya sangat berharap agar seluruh pemerintahan desa, segera membuat peraturan desa (perdes), menghentikan alih fungsi lahan tersebut.

Ngogesa juga mengungkapkan bahwa sekarang ini berkat antisipasi yang dilakukan produksi tanaman pangan Langkat meningkat, terutama pada tanaman padi sawah dan padi gogo.

"Untuk produksi padi Gabah Kering Panen (GKP) mencapai 474.889ton, sedangkan produksi Gabah Kering Giling (GKG) mencapai 411.206 ton," katanya.

Sedangkan produksi beras Langkat mencapai 257.826 ton untuk tahun 2012, atau ada peningkatan sebesar 14.538 to dari tahun 2011 yang lalu.

Sehingga Langkat mengalami surplus beras mencapai 100.425 ton, ujarnya.

"Ini sungguh sangat membanggakan dan sangat menggembirakan bagi peningkatan swasembada pangan di bumi Langkat," ujarnya.

Untuk mempertahankan kelangsungan swasembada pangan itulah, pihaknya sangat berharap kepada para petani untuk tidak lagi mengalih fungsikan lahan pertaniannya kepada tanaman kelapa sawit.

Ngogesa juga mengungkapkan akan memfokuskan berbagai pembangunan sarana dan prasarana buat peningkatan pertanian baik itu tadah hujan maupun irigasi teknis.

"Kita akan alokasikan dana buat pembangunan pertanian, agar hasilnya terus meningkat," katanya.

Terutama pemberian bibit padi unggul, pembuatan irigasi baru, dan akan memperhatikan berbagai kebutuhan petani.

Secara terpisah Kepala Dinas Pertanian Langkat Haji Basrah Daulay mengungkapkan bahwa Langkat juga berhasil melampaui kesepakatan dengan Kementerian Pertanian, soal produksi padi maupun beras.

"Ada kenaikan mencapai 6,5 persen dari ketentuan 5 persen yang disepakati dalam MOU itu," katanya.

Selai itu juga instansinya akan mendorong petani untuk terus meningkatkan indeks pertanaman, dari dua kali dalam setahun menjadi tiga kali dalam setahun.

Kesemuanya upaya itu dalam rangka mendukung dan mensukseskan program visi dan misi Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, bagi kesejahteraan petani sehingga pendapatannya terus semakin meningkat.Budi Suyanto. (antara)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum