Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, February 13, 2013

RI Gandeng Dua Negara Lawan Kampanye Antisawit

Medan. Kampanye antisawit di pasar internasional khususnya di Eropa, membuat Indonesia menggandeng dua negara, yaitu Nigeria dan Pantai Gading untuk menekan kampanye antisawit. Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun, di Medan, Selasa (12/2), mengungkapkan, kerja sama Indonesia dengan Nigeria dan Pantai Gading akan dilakukan dengan memantau setiap iklan dan penyiaran yang berbau kampanye negatif dan akan berkoordinasi membendung dan menghadapinya.
"Kampanye antisawit ini sangat merugikan semua produsen sawit. Karena itu, Indonesia menggandeng Nigeria dan Pantai Gading. Hal ini sangat penting mengingat kedua negara ini sudah berkontribusi dalam melawan Eropa yang terus kampanye antisawit," kata Derom.

Derom menjelaskan, kerja sama tersebut tertuang dalam Business Forum tanggal 2 Februari 2013 di Abuja, Nigeria. Hadir dalam pertemuan tersebut Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Perdagangan RI Gita Wiryawan, Delegasi DMSI yang terdiri dari Ketua Umum Derom Bangun, Bidang Promosi dan Pemasaran Togar Sitanggang dan Bidang Pertanian dan Transformasi Industri Palar Sutojo.

Sementara dari Pantai Gading, hadir Direktur Initiative for Public Policy Analysis (IPPA) Thompson Ayodele, Ketua Association Interprofessionelle de la filiere Palmier a Huile (AIPH) Kamara Logossina, dan Sekretaris Umum AIPH Abdoulaye Berete, serta Presiden Nigeria Goodluck Jonathan.

Menurut Derom, kampanye antisawit yang dilakukan Eropa seperti Spanyol dan Perancis serta Amerika Serikat, menghadirkan citra yang buruk terhadap sawit asal Indonesia.

Karena itu, guna meningkatkan citra minyak sawit, keputusan menggandeng Nigeria dan Pantai Gading salah satu langkah yang tepat. Sebab, citra yang baik, dipastikan akan memperbesar dan memperluas pasar minyak sawit sekaligus menngkatkan harga jualnya.

"Membaiknya permintaan dan menguatnya harga minyak sawit tentunya otomatis mengangkat harga tandan buah segar (TBS) petani yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani. Jadi kerja sama dengan IPPA dan AIPH itu untuk kepentingan kesejahteraan petani sawit Indonesia juga," katanya.

Derom menjelaskan, sebelumnya, Indonesia dan Malaysia (produsen sawit dunia) sudah mengajukan keberatan juga ke Perancis atas kampanye negatif sawit, tetapi nyatanya tindakan IPPA, Afrika yang melakukan gugatan ke pengadian langsung membuahkan hasil positif.

Meski diduga hal ini dilakukan Perancis karena untuk menjaga produksi minyak kanola-nya yang semakin kalah bersaing dengan minyak sawit, hambatan ekspor minyak kelapa sawit ke Perancis memang perlu segera diatasi.

Menurut Derom, upaya yang akan dilakukan ketiga negara ini untuk menekan kampanye antisawit juga akan tertuang dalam Konfrensi Sawit se-Afrika pada bulan Juni 2013 di Abidjan, Pantai Gading. Dalam konfrensi tersebut, DMSI akan hadir menyampaikan makalah.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Nigeria juga membahas pentingnya budidaya kelapa sawit bagi kedua negara. Sebab, peranannya cukup besar dalam menyejahterahkan petani dan memberi dampak positif terhadap perekonomian negara. "Makanya kita sepakat untuk bekerja sama mempromosikan dan membendung setiap kampanye antisawit.

Dengan begitu, minyak sawit kita akan tetap diorder oleh buyer (pembeli) luar negeri sehingga otomatis akan bisa meningkatkan ekspornya," ungkap Derom. Pengusaha Nigeria pada kesempatan tersebut juga mengungkapkan keinginannya untuk menggandeng pengusaha Indonesia dalam investasi dan perdagangan minyak sawit.(elvidaris simamora)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum