Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, September 7, 2014

MEMORIES: EDUKASI GEDUNG BERSEJARAH di KOTA MEDAN

"Kita patut berbangga dan mengapresiasi hal-hal ini, karena dari lebih 8 juta jiwa warga kota medan, ternyata anak-anak mudanya sudah tergerak hatinya untuk melakukan upaya mengenal,mencintai dan melakukan "EDUKASI" tentang cikal bakal sejarah kotanya sendiri.."..Prabudi Gunawan,ST.SH
 
(Ibu Asmita (BWS) memberikan edukasi sejarah "Medan Esplanade"/ Foto by: Prabudi Gunawan,ST.SH )
Medan : beberapa waktu yang lalu ada kegiatan "JALAN-JALAN DALAM KOTA" atau dikenal CITY TOUR yang di selenggarakan oleh Badan Warisan Sumatera dan komunitas Medan Heritage dalam memberikan edukasi kepada generasi muda yang ada di kota medan.

Pada kesempatan ini diikuti + 60 orang yaitu tidak hanya dihadiri oleh sebuah komunitas semata seperti BWS, Medan Heritage dan keluarga besar Sedekah bareng yang mengajak anak-anak panti asuhan yang dibawah asuhannya, namun ada keluarga lain beserta anak-anaknya, lalu ada profesi serta komunitas lain seperti..komunitas fotografi, Tembung City, Kemanaaja.com, penyiar radio,televisi. dll.

Agenda yang menjadi target kegiatan ini adalah ke-4(empat) gedung bersejarah di Kota Medan yang dikunjungi, yaitu Gedung-gedung ex-AVROS, ex Harrison & Crossfield Ltd., ex- De Javasche Bank cabang medan dan Kantor Pos besar Medan. 

Hairul (BWS) bersama panitia registrasi.
Dalam nuansa kebersamaan saya memutuskan untuk turut serta dengan mereka mengunjungi ke 4 gedung bersejarah tersebut...Wah..ternyata asik juga sih....
lalu cerita-punya cerita dengan Bpk Hairul dan ibu Asmita dari Badan Warisan Sumatera, kemudian ibu Asmita (BWS) menyampaikan bahwa mereka sudah memulai mengenalkan "jalan-jalan seperti ini" sejak tahun 2004...namun untuk pertama kalinya pada kesempatan ini dapat masuk untuk melihat langsung ke dalam gedung ex-AVROS tersebut,...lalu saya bertanya apakah kegiatan sebelun ini cukup untuk melihat-lihat saja bu?..beliau menjawab tidak!..., jadi tidak hanya melihat-lihat gedung bersejarah saja akan tetapi ada kegiatan lain penyemarak, termasuk permainan-permainan rakyat seperti balap karung, makan kerupuk, masukan paku ke botol dsb, tergantung ide dan momennya, kemudian ada penyampaian yang bermuatan "kuliah sejarah" yang disampaikan secara santai sambil duduk-duduk dilokasi gedung...(maklumlah ibu Asmita merupakan dosen sejarah lho...he3x).    

Dalam fikiran saya bahwa Perjalanan sejarah masa lalu tidak bisa dihapus disebabkan keegoisan para pihak, karena merupakan bagian dari sejarah saat ini...yang terpenting kita harus mulai menanamkan pola pikir yang "POSITIF" yaitu dengan mengEDUKASI mengunjungi, melihat, mengagumi, dan menikmati  gedung atau benda-benda "kuno" dengan segala "vERSI HISTORIA"-nya, disebabkan peninggalan sejarah itu merupakan dunia ilmu pengetahuan dan suplemen bagi perkembangan hingga kemajuan sebuah kota.. 

Semoga dari keikutsertaan para generasi muda Kota Medan ini dapat menghasilkan regenerasi yang dapat menjaga dan melestarikan bangunan bersejarah sebagai "pemanis" wajah Kota Medan yang semakin METROPOLIS....Semoga!!!. 
Registrasi ulang pengunjung
Melihat dan mendapat penjelasan di ruang "JAM LONCENG"1920

Peserta diberi kesempatan beristirahat

Kegembiraan terpancar dari raut wajah pengunjung








Penulis & Foto : Prabudi Gunawan.ST,SH.

lihat liputan TVRI SUMUT  dalam program : SUMUT 45 (minggu 07/09/2014)
or

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum