Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, April 10, 2012

Tanoto-Asian Agri Akan Gelar Lomba Perpustakaan

Medan,  – Tanoto Foundation dan Asian Agri akan menggelar lomba perpustakaan dan lomba membaca dongeng/cerita rakyat untuk meningkatkan minat baca dan kunjungan ke perpustakaan yang kini semakin menurun.
“Lomba itu dilakukan untuk menarik minat baca masyarakat termasuk mengunjungi perpustakaan yang kinu menurun. Lomba itu juga digelar berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional, Mei mendatang,” kata Regional Program Manager Pelita Pendidikan Sutrisna di Medan, Selasa.

Aspek penilaian lomba perpustakaan itu di antaranya adalah kebersihan, kenyamanan, penyajian buku, pencahayaan, manajemen perpustakaan, pengklasifikasian buku dan kegiatan perpustakaan tersebut.
Turunnya jumlah pengunjung perpustakaan termasuk minat baca di masyarakat sangat memprihatinkan.
“Untuk membangkitkan minat baca dan kunjungan ke perpustakaan itu Tanoto melalui Library Competition berupaya untuk memotivasi sekolah-sekolah agar dapat meningkatkan kualitas perpustakaan sehingga perpustakaan menarik untuk dikunjungi baik dari segi koleksi bacaan maupun segi fisiknya,” katanya.
Dia menegaskan Tanoto Foundation sangat berkomitmen di bidang pendidikan karena pendiri Tanoto Foundation itu yakni Sukanto Tanoto, adalah seseorang yang gemar membaca dan belajar.
“Beliau mempunyai semboyan ‘The moment you stop learning, your brain becomes cancerous. Never stop learning’` (Ketika kamu berhenti belajar, pikiranmu seperti terkena kanker. Jangan pernah berhenti belajar),”katanya.
Dengan semboyan itu, meskipun Sukanto Tanoto tidak dapat menamatkan sekolahnya karena harus bekerja menghidupi adik-adiknya, namun dia tidak pernah berhenti belajar.
.Berdasarkan data dari Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Jaringan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata 2009, pada tahun 2006 jumlah pengunjung perpustakaan hanya 4,70 juta orang dan jumlah itu terus menurun pada tahun-tahun berikutnya.
Pada 2007 dan 2008 misalnya, angka kunjungan ke perpustakaan tingal 4,43 juta orang 4,42 juta orang.
Jumlah pengunjung perpustakaan pada tahun 2008 yang sebesar 4,42 juta orang itu hanya sebesar 1,9 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 228 juta jiwa.
“Dengan jumlah pengunjung yang terus menurun, maka bisa dipastikan bahwa minat baca juga menurun dan itu memprihatinkan Tanoto Foundation.Apalagi kebiasan medongeng di kalangan keluarga termasuk cerita rakyat juga sudah semakin hilang,”katanya.
Dia mengakui, berdasarkan hasil pengamatan, beberapa hal yang menjadi penyebab turunnya jumlah pengunjung perpustakaan adalah koleksi buku yang tidak diperbaharui, tingkat kenyamanan membaca di perpustakaan yang tidak mendukung dan tata letak buku yang tidak menarik dan masih banyak lagi.
“Alasan itu pula yang membuat Tanoto Foundation dan Asian Agri menyelenggarakan Lomba Perpustakaan dan Lomba Membaca Dongeng/Cerita Rakyat guna membangkitka kreasi pemilik/pengelola perpustakaan,” katanya.
Sementara itu Head CSR Asian Agri Rafmen, menyebutkan, menyambut Hari Pendidikan, Tanoto Foundation dan Asian Agri berharap dapat memberikan makna yang lebih besar dengan mengajak masyarakat rajin berkunjung ke perpustakaan.
Dengan rajin ke perpustakaan bisa meningkatkan minat baca dan pada akhirnya warga Indonesia dapat menjadi manusia yang maju dan beradab
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Naga Parlaungan Lubis mengaku memberi apresiasi kepada Tanoto Foundation dan Asian Agri yang telah banyak melakukan berbaga hal untuk kepentingan pendidikan khususnya di daerah pedesaan yang kurang memiliki infrastruktur yang baik dibandingkan sekolah di perkotaan.
Program Pelita Pustaka yang sudah banyak memberikan pelatihan kepada para guru di pedesaan untuk mempelajari fungsi perpustakaan, merencanakan perpustakaan yang menarik, mengkategorikan buku, menyajikan dan menyimpan buku serta membuat sistem manajemen buku, mengembangkan koleksi pustaka dan kegiatan belajar yang menarik yang memanfaatkan buku-buku perpustakaan sangat berarti.
“Pelatihan itu sudah memberi banyak arti dalam proses belajar dan mengajar di sekolah termasuk pengelolaan perpustakaan di sekolah desa, “katanya. ***3***
(T.E016/B/N002/N002)/Antara

1 comment:

Anonymous said...

Honomichl is CEO of Celergo, a payroll outsourcing service company located in Deerfield, Illinois.

When I told my folks I was starting a recording studio in my house.
The thrust of the article is the importance of spreading conversations with fans, and banks on relationships
and not technologies.

My web site; sukanto tanoto

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.