Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, April 28, 2012

Program Integrasi Sawit di Sumbar

BATUSANGKAR:Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan perusahaan perkebunan di daerah itu ikut mendukung program integrasi sawit dengan usaha pengembangan ternak sapi.

"Pemerintah Sumatera Barat mengharapkan dukungan perusahaan perkebunan untuk membantu pengadaan bibit sapi melalui program terpadu integrasi sawit dan usaha pengembangan ternak sapi," kata dia di Batusangkar, Jumat 27 April 2012.
Hal tersebut disampaikannya saat meninjau rumah kompos kelompok tani Padi Emas Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar bersama wakil bupati dan SKPD setempat.

Dikatakannya, program pengembangan perkebunan terpadu tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dimana selain berkebun mereka juga dibina untuk memelihara sapi.

"Pada program tersebut, dalam satu hektare perkebunan sawit bisa dipelihara dua ekor sapi yang makanannya dapat diambilkan dari bungkil, pelepah dan rumput yang ada di kebun tersebut," lanjutnya.

Kemudian, katanya, kotoran sapi juga dapat digunakan langsung untuk pupuk kelapa sawit, sehingga saling memberi keuntungan.

Berdasarkan data yang dihimpun saat ini, total luas perkebunan sawit di Sumatera Barat mencapai 350 ribu hektare yang dikelola oleh 58 perusahaan.

"Jika setiap satu hektare kebun sawit dipelihara dua ekor sapi maka total sapi yang bisa dipelihara mencapai 593.718 ekor," kata dia.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan program Kredit Usaha Pembibitan Sapi bagi petani yang kesulitan memperoleh modal untuk memulai usaha peternakan.

"Pemerintah Sumatera Barat juga telah mencanangkan program satu petani satu sapi sejak 2010," lanjutnya.

Saat ini Sumatera Barat menetapkan 62 nagari percontohan untuk melaksanakan program tersebut.(antara)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum