Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, January 28, 2014

Harga Ekspor Karet Makin Terpuruk

MEDAN ): Harga ekspor karet Indonesia jenis SIR 20 di bursa Singapura pada tanggal 27 Januari 2014 sudah di bawah 2 dolar AS per kg.
"Benar-benar mengkhawatirkan, harga karet sudah di bawah 2 dolar AS atau 1,971 dolar AS per kg untuk pengapalan Februari," kata Sekretaris Eksekutif Gabungan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah di Medan, Selasa 28 Januari 2014.


Walau untuk pengapalan Maret naik lagi menjadi 2,026 dolar AS per kg, tetapi, menurut dia, harga itu dinilai sudah benar-benar mengkhawatirkan.

Penurunan harga ekspor itu langsung berdampak pada tertekannya harga bahan olah karet (Bokar) di tingkat pabrikan dalam negeri atau menjadi Rp20.090-Rp22.090 per kg.

Harga itu semakin anjlok dibandingkan bulan yang sama pada 2013 yang masih bisa 2,882 dolar AS per kg.

Penurunan harga itu disebabkan melemahnya permintaan khususnya dari negara konsumen utama karet alam ditengah terjadinya kelebihan pasokan atau " over supply".

Permintaan semakin melemah karena pembeli China juga mulai mengurangi pembelian karena mendekati liburan Imlek "Belum juga ada tanda-tanda kenaikan harga walau protes anti-pemerintah di Thailand yang merupakan salah satu produsen utama karet itu berpotensi menurunkan produksi pada Januari-Februari 2014 sebesar 10-20 persen ,"katanya.

Petani karet Sumut, K Siregar, menyebutkan harga getah yang tinggal Rp6.000 per kg benar-benar membuat dia kesulitan dan malas menderes.

"Bayangkan, harga 1 kg getah tidak bisa untuk membeli beras 1 kg," katanya.(ant)(EKSPOSnews)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum