Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, January 22, 2014

Kebun Sawit Siap Bantu 200 MW untuk Listrik Riau

PEKANBARU—Sejumlah perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau disebut berniat menjual kelebihan daya (excess power) yang dimiliki kepada PLN dengan potensi mencapai 200 MW, sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi pemadaman bergilir yang rutin terjadi saat terjadi defisit.

“Hingga kemarin sudah ada beberapa PKS [perkebunan kelapa sawit] yang mengajukan excess power antara 0,6 MW-1 MW. Ini merupakan kemudahan bagi kami karena tinggal membangun jaringan saja,” kata Sarno, Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN (Persero) Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR) kepada Bisnis, Rabu (23/1/2014).

Terkait harga, lanjutnya, PLN WRKR akan berpatokan pada Peraturan Menteri ESDM No. 4/2012 tentang Harga Pembelian Tenaga Listrik oleh PLN dari Pembangkit Tenaga Listrik yang Menggunakan Energi Terbarukan Skala Kecil dan Menengah atau Kelebihan Tenaga Listrik.

Sarno menghimbau bagi perkebunan kelapa sawit yang akan menjual excess power harus bisa memastikan kebutuhannya sudah tercukupi. Ini dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan penyaluran daya tersebut.
“Namun, kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak PKS yang terletak di tengah hutan, sehingga membuat kami kesulitan untuk membangun jaringannya,” imbuhnya.

Dia menjelaskan PLN memperkirakan pertumbuhan kelistrikan di wilayah Riau dan Kepulauan Riau hanya 8% per tahun, sedangkan pertumbuhan kebutuhan listrik mencapai 14% per tahun. Dengan beroperasinya PLTU Riau ini dapat membantu sistem kelistrikan Sumatra Bagian Tengah khusus Riau.

Saat ini beban puncak di Riau mencapai 474 MW, sedangkan daya pembangkit sebesar 400 MW dan dibantu oleh sistem interkoneksi Sumatera sebesar 80 MW. (rsp/asd)

 Oleh on Jan 22nd, 2014 Home
Reporter: Rio Sandy Pradana

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum