dokumentasi elektronik-ku ini dari berbagai sumber yang *inspiratif* dgn membiasakan " LESS PAPER " ,dan "KEBEBASAN INFORMASI", untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menunjang "AKTIVITAS HARIAN"jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,...Thank's All Of You

Search This Blog

Loading...

running text

Saturday, December 29, 2012

KEBUN PELAIHARI PILOT PROJET “SA-SA-EN” PTPN XIII

PELAIHARI – Dalam rangka mendorong program swasembada daging sapi nasional dan menuju green company, BUMN Perkebunan Sawit diminta ikut serta dengan  membangun peternakan sapi yang terintegrasi (integrated farming system). PTPN XIII, menyambut baik program ini dengan menujuk Kebun Pelaihari, Distrik Kalimantan Selatan/Tengah sebagai pilot projet.  Program ini  menjadi program yang terintegrasi antara Sapi-Sawit-Enegeri.

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Pemasaran PTPN XIII, Sunardi R Taruna saat meninjau kandang penggemukan sapi di Kebun Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan
Pada kunjungan kerja Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Pemasaran PTPN XIII, Sunardi R Taruna,  ke Kebun Pelaihari (11/10) menyampaikan bahwa Saat ini, PTPN XIII, telah dan sedang membangun fasilitas peternakan untuk penggemukan sapi. Tahap awal, telah dibangun kandang untuk 500 ekor yang terintegrasi dengan instalasi biogas dan pupuk organik.  Seluruh biaya telah disiapkan dalam RKAP revisi tahun 2012,” demikian disampaikan Sunardi R Taruna.

Lebih lanjut, mantan General Manager Distrik Kalteng ini menyampaikan sejak Juli 2012,  Kebun Pelaihari sudah mendatangkan 215 ekor sapi dan akan mencapai 1000 ekor hingga akhir tahun 2012.  Dalam pengadaan sapi, PTPN XIII menggandeng PT Berdikari, perusahaan BUMN yang bergerak dibidang peternakan sapi di Indonesia.

Aditya Nurcahya, General Manager Distrik Kalsel/teng yang turut mendampingi kunjungan Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Pemasaran mengatakan bahwa kurang bergairahnya peternakan sapi di Indonesia lebih disebabkan oleh ketersediaan pakan ternak. “Kendala ketersediaan pakan untuk ternak sapi  yang selama ini dikeluhkan peternak menjadi faktor dan pemicu kurang semangatnya petani. Dengan masuknya perusahaan perkebunan, dimana disekitar kebun masih banyak lahan kosong yang infrastrukturnya sudah tersedia dengan baik akan dimanfaatkan untuk menanami rumput gajah dan bahkan limbah perkebunan sawit seperti pelepah telah diolah menjadi pakan ternak berupa konsentrat. Masalah pakan yang selama ini menjadi momok bagi peternak akan terpecahkan,”ujarnya.

Manajer Kebun Pelaihari, Hamonangan Silitongan, mengatakan bahwa usaha pengemukan sapi ini memiliki prospek, bisa dilihat dari tingginya jumlah ekspor sapi dari australia, ini merupakan peluang, oleh karena itu usaha penggemukan sapi ini akan dikelola secara profesional. “pemasaran ternak sapi, hasil penggemukan Kebun Pelaihari tidak akan mengalami kendala, hingga kemarin (11/10) telah terjual sebanyak 50 ekor sapi. Selain itu, PT. Berdikari sebagai pemasok bersedia membeli kembali ternak apabila permintaan ditingkat lokal kurang. Tapi kami sangat yakin hal ini sangat kecil mungkin terjadi karena sampai dengan saat ini jumlah impor sapi dari Australia masih tingginya,” ujarnya.

Suhadak, Asisten Kepala Kebun Pelaihari yang ditugasi sebagai pimpinan propyek mengatakan bahwa program penggemukan sapi ini akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan pemerintah. “kedepan penggemukan sapi ini tidak hanya sebagai proyek saja tapi akan menjadi core busines yang akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan. Dengan peningkatan berat sapi antara 0,6 – 1 kg per hari, maka diharapkan selama masa penggemukan +/- 3 bulan terdapat kenaikan berat antara 54 – 90 kg.

 http://www.bumn.go.id/ptpn13/publikasi/berita/kebun-pelaihari-pilot-projet-sa-sa-en-ptpn-xiii/

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum

DIREKSI PTPN 2012

Dirut PTPN I Wargani Direktur:Ramadhan Ismail Direktur:Abdul Mukti Nasution Direktur:Amrijal Direktur:Husni Ibrahim Dirut PTPN II Bhatara Moeda Nasution Direktur:Naif Ali Dahbul Direktur:Wisnu Budi Direktur:Komaruzaman Direktur:Hakim Bako Dirut PTPN III Megananda Daryono Direktur:Kusumandaru Direktur:Bagas Angkasa Direktur:Balaman Tarigan Direktur:Nurhidayat Direktur:Erwan Pelawi Direktur:Rahmad Prawirakusumah Dirut PTPN IV Erwin Nasution Direktur:Ahmad Haslan Saragih Direktur:Andi Wibisono Direktur:Setia Dharma Sebayang Direktur:Memet Dirut PTPN V Fauzi Yusuf Direktur:Suharjoko Direktur:Pontas Tambunan Direktur:Samsul Rizal Direktur:Berlino Mahendra Dirut PTPN VI Iskandar Sulaiman Direktur:Fahrur Razi Lubis Direktur:Ahmad Karimuddin Direktur:Arfinaldi Direktur:Nasulian Arifin Dirut PTPN VII Boyke Budiman Direktur:M. Nasir Direktur:Agus Rianto Direktur:Rafael Sibagariang Direktur:Budi Santoso Dirut VIII Dadi Sunardi Direktur:Irwan Abdul Direktur:Rahman Lubis Direktur:Dikdik Koesandi Direktur:Rahman Slamat Dirut IX Adi Prasongko Direktur:Slamat Purwadi Direktur:Natsir Tarigan Direktur:Ishak Direktur:Hanung Dirut X Subiyono Direktur:Doli P. Pulungan Direktur:Tarsisius Sudarianto Direktur:Mhd Sultan Direktur:Joko Sanioso Dirut XI Andi Punoko Direktur:Titis Adji Direktur:Burhan Chatib Direktur:Budi Hidayat Direktur:Eri Iswadi Dirut XII Singgih Irwan Basri Direktur:Sugeng Budiraharjo Direktur:Bambang Wijanarko Direktur:Sahala Hutasoit Direktur:Swarno Dirut XIII Baim Rachman Direktur:Sunardi Direktur:Anang Direktur:Umar Direktur:Pandapotan Girsang Dirut XIV Budi Purnomo Direktur:Amirullah Haris Direktur:Rispan Adi Adris Direktur:Mardianto Dirut RNI Persero Ismed Hasan Putro.