Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, September 26, 2011

Pembangunan Kluster Industri Hilir CPO Sei Mangke

MEDAN- Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengungkapkan posisi strategis Kawasan Industri Kluster Kelapa Sawit merupakan andalan dalam Master Plan Pengembangan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3I). Karena itu, Kementerian Perindustrian akan memperjuangkan secara penuh (all out) agar kawasan ini segera dioperasionalkan dan menjadi sektor prioritas dalam Kawasan Ekonomi Khusus wilayah Sumatera. Di sisi lain, Pemprovsu menyatakan akan melakukan upaya maksimal untuk pengembangan industri hilir kelapa sawit tersebut.
Hal ini terungkap saat pertemuan sejumlah pihak terkait pengembangan kluster industri hilir CPO pertama di Indonesia tersebut, saat kunjungan MS Hidayat beserta Ketua Komisi VI DPR RI Erlangga Hatta serta Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho, di Kawasan Industri Sei Mangkei, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Jumat (23/9).
“Saya siap ‘pasang badan’ untuk mewujudkan kluster industri ini. Sebab, potensi yang dimiliki untuk produksi industry kelapa sawit di Sumut ini sudah seperti bayi yang harus dilahirkan. Karena itu, saya siap memperjuangkannya. Paling lambat tahun 2014 kluster ini sudah seratus persen operasional,” kata MS Hidayat.
Disebutkannya, kehadiran Kawasan Industri Sei Mangkei akan menjadikan nilai tambah dari komoditas unggulan Sumut ini semakin besar. Hal ini mengingat, selama ini secara nasional ekspor kelapa sawit didominasi bahan mentah, yakni sekitar 60 persen. Industri ini, sebutnya, diharapkan mampu mengubah kecenderungan tersebut, sehingga ke depan 70 persen komoditas yang diekspor merupakan produk turunan dari CPO. Produk tersebut antaralain, minyak goreng, beta carotene, acid, alcohol dan produk turunann lainnya.
“Perjuangan yang akan kami lakukan di tingkat pusat antaralain menjadikan kawasan industry ini mendapat perlakuan khusus, sehingga tidak semua ketentuan nasional harus diterapkan, tapi dibuat ketentuan khusus untuk memudahkan investor, namun dalam koridor untuk peningkatan perekonomian,” lanjutnya.
Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho mengatakan, Pemprovsu terus memaksimalkan peranannya dengan berkoordinasi dengan kabupaten/kota sekitar, khususnya produsen kelapasawit di Indonesia untuk percepatan. “Untuk infrastruktur, kami juga sudah menyiapkan sejumlah program pengembangan infrastruktur, baik itu yang bersumber dari pembiayaan APBN maupun APBD. Bahkan untuk sejumlah ruas jalan, sudah diusulkan untuk pendampingan dari APBD Sumut berupa Bantuan Daerah Bawahan (BDB),” jelasnya.
Direktur Utama PTPN3 Amri Siregar mengungkapkan sudah banyak investor yang menyatakan minatnya untuk masuk dalam pengembangan berbagai produk hilir CPO di kluster Sei Mangkei. Karena itu, katanya, perlu dukungan semua pihak untuk percepatan pengembangannya. “Jika sudah seratus persen, maka diperkirakan sedikitnya 1,5 juta ton transaksi produk hilir CPO di kawasan industry Sei Mangkei,” paparnya.
Sementara itu Ketua Komisi VI DPR RI Erlangga Hatta mengingatkan, agar segera disiapkan pengelola kluster industry tersbut. Alasannya, jika dikelola oleh PTPN3 yang notabenenya adalah BUMN, maka dikhawatirkan birokrasi menjadi lebih sulit saat akan mengikat kerjasama dengan investor.  “Misalnya dibentuk PT yang penguasaan sahmanya seratus persen oleh PTPN3 atau formula lainnya. Selain itu, perlu digagas one stop service, sehingga semua urusan bisa dilaksanakan di sini, tidak perlu lagi ke Jakarta,” sarannya.(ari)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum