Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, July 17, 2014

Koperasi Binaan Asian Agri

  Raih Penghargaan Nasional
(Analisa/istimewa) PENGHARGAAN: Ketua KUD Sumber Bahagia Ukui, Riau koperasi binaan Asian Agri, Vinsensius Jado menunjukkan  penghargaan yang diterima pada Peringatan Puncak Hari  Koperasi Nasional yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (15/7)
Medan,. Koperasi binaan Asian Agri kembali mengukir prestasi dengan keberhasilan koperasi unit desa (KUD) Sumber Bahagia di Ukui, Riau mendapat penghargaan di Peringatan Puncak Hari  Koperasi Nasional yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Medan, Selasa (15/7).


"Pengurus dan anggota tentunya bangga dengan mendapat penghargaan di acara yang bergengsi yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Ketua KUD Sumber Bahagia, Vinsensius Jado di tengah acara Hari Koperasi Nasional 2014 di Lapangan Benteng.

Menurut dia, salah satu penilaian pemerintah memberikan penghargaan adalah mengacu pada dijalankannya kewajiban sebagai koperasi seperti melakukan rapat anggota dan melaporkan laporan keuangan dan termasuk meningkatnnya jumlah aset dan omset dalam beberapa tahun terakhir.

Dia mengakui, KUD Sumber Bahagia yang beranggotakan 603 orang petani sawit plasma binaan Asian Agri itu pada posisi Juni 2014, sudah memiliki aset sebesar Rp13 miliar dengan omset yang terus naik, dimana per Desember 2013 KUD ini sudah beromset  Rp7 miliar.

Menurut Vinsensius, KUD Sumber Bahagia yang di ketuainya ini sudah berdiri sejak 1994, dan bermitra dengan Asian Agri pada 1998. Setelah terjalinnya kemitraan tersebut koperasi ini terus berkembang pesat. Kalau awalnya masih hanya bergerak di bidang usaha produsen (hasil tandan buah segar/TBS), maka dewasa ini sudah bergerak di beberapa unit mulai usaha simpan pinjam, angkutan TBS hingga ritel atau swalayan yang menjual berbagai produk mulai sembako hingga barang elektronik.

Keberhasilan KUD Sumber Bahagia itu tentunya, tidak terlepas dari kesejahteraan petani yang semakin meningkat menyusul kepastian mendapat pupuk berkualitas dan harga yang lebih murah, bimbingan pemupukan, panen dan pascapanen hingga terjadinya peningkatan produktivitas hasil kebun dan harga jual yang terjaga setelah bermitra dengan Asian Agri.

KUD Produsen
Kepala Dinas Koperasi Pelalawan, Milyono mengatakan   dari 243 koperasi di Kabupaten Pelawan, maka pada tahun ini hanya KUD Sumber Bahagia yang berlokasi di Desa Silikuan Hulu SP 6 Ukui, Riau yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional sebagai KUD Produsen. Sedangkan dari seluruh Provinisi Riau ada 4 koperasi yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional, masing-masing adalah koperasi yang bergerak dalam bidang produsen, konsumen, jasa dan simpan pinjam.

General Manager Asian Agri, Freddy Widjaya mengaku juga ikut bangga salah satu KUD mitra usaha perusahaan mendapat penghargaan. "Keberhasilan Sumber Bahagia menunjukkan komitmen kuat Asian Agri membina  petani mitranya dan sekaligus mendorong keinginan untuk memajukan usaha lainnya sehingga juga mendapat pengakuan melalui penghargaan," katanya.

Head Plasma Asian Agri, Pangarepen Gurusinga menyebutkan, sebagai perusahaan pelopor program plasma yang juga merupakan salah satu pengelola skema plasma terbesar di Indonesia, dewasa ini Asian Agri sudah bekerja sama dengan 29.000 kepala keluarga petani plasma yang pada awalnya adalah petani yang mengikuti program PIR Transmigrasi. Selain itu di luar petani plasma, Asian Agri membantu 25.0000 petani swadaya.

"Keberhasilan KUD Sumber Bahagia sendiri memicu semangat dan komitmen manajemen untuk terus meningkatkan kemajuan petani binaan,"katanya. Pangarapen menegaskan, khusus untuk KUD Sumber Bahagia dengan luas areal 1.206 hektare, dewasa ini sedang dalam masa persiapan  replanting atau peremajaan tanaman sawit yang diperkirakan akan  dimulai tahun depan.

Media Relation Asian Agri, Lidia Veronica menjelaskan,  selain KUD Sumber Bahagia, sudah banyak KUD binaan Asian Agri yang mendapatkan penghargaan ditingkat nasional, di antaranya adalah KUD Trani Maju, KUD Sumber Makmur, KUD Bina Sejahtera, KUD Sawit Subur, KUD Usaha Tani, dan KUD Jaya Makmur. (sug)

Hr: (Analisa)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum