Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, July 25, 2014

Akibat Alihfungsi Lahan Sawit

 Sungai Terbesar Di Sumut Kekeringan

MEDAN - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memastikan alihfungsi lahan menjadi kebun Kelapa Sawit menjadi penyebab utama menyusutnya aliran air Sungai Ular yang melintasi daerah tersebut.

Soekirman, Bupati Serdang Bedagai (Sergei) mengungkapkan, kerusakan hutan sebagai penyangga air di kawasan hulu khususnya Kabupaten Karo, Deliserdang dan Simalungun, Provinsi Sumatera Utara sudah mengerikan.

Pada saat musim kemarau panjang sejak Januari hingga Juli 2014 sunga-sungai yang melintasi kabupaten itu kondisinya cukup memprihatinkan, airnya kering seperti parit.

Sungai Ular, sebagai salah satu sungai terbesar di Sumatera Utara, yang hilirnya melintasi Kabupaten Sergei, menurut Soekirman pada musim kemarau airnya surut, bahkan terlihat sampai dasar sungai.

Sedangkan saat musim hujan, daerah itu selalu kebanjiran akibat hutan di daerah hulu sudah gundul karena banyak beralih fungsi menjadi kebun kelapa sawit.

Padahal, katanya, Kabupaten Sergei amat tergantung sumber air dari sungai guna mempertahankan swasembada pertanian khususnya beras.

Jika air cukup, para petani di daerah itu bisa panen padi di atas 7,6 ton per hektare bahkan bisa mencapai 9 ton per hektare.

"Kondisi kemarau panjang dalam sepuluh tahun terakhir ini yang mungkin juga akibat perubahan cuaca ekstrem betul-betul amat mengkhawatirkan," ujarnya di Medan, Jumat (25/7/2014).

Untuk mengatasi kerusakan hutan daerah tangkapan air di hulu, dia mengatakan akan mengajak para bupati di daerah sekitar untuk melakukan rapat koordinasi mengatasi permasahan kerusakan hutan dan lingkungan di daerah tangkapan air.

Bisnis.com
Source : Antara
Editor : Yoseph Pencawan

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum