Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, October 3, 2012

PTPN2 Tanam Tembakau Dua Kali dalam Setahun

Medan. Perubahan musim dengan tingginya curah hujan mengharuskan PTPN2 mengambil kebijakan melakukan dua kali pertanaman tembakau dalam setahun. Ini untuk mendapatkan produksi yang berkualitas, meski jadwal penjualan akan diundur pada September 2013 dari hasil pertanaman tahun ini. Manajer Distrik Tembakau PTPN2, Taufan Saputra, mengatakan, perubahan cuaca ini memang harus segera diantisipasi khususnya untuk melakukan penanaman tembakau deli. Karena komoditas unggulan Sumatera Utara (Sumut) tersebut sangat rentan terhadap tingginya curah hujan yang dapat menyebabkan daun tembakau menjadi cacat bahkan kematian pada tanaman.
“Perubahan iklim sangat banyak memengaruhi produktivitas tanaman. Apalagi tanaman ini ibarat merawat bayi yang butuh perhatian secara khusus," ujarnya kepada MedanBisnis, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Taufan, biasanya tanaman tembakau dapat dilakukan sekaligus pada Februari hingga April setiap tahunnya. Namun dengan curah hujan yang tinggi saat ini, tanaman harus dilakukan dua kali yakni Februari sebanyak 565 ladang dan dilanjutkan pada semester 2 yakni Agustus sebanyak 110 ladang atau dengan total penanaman tembakau ditahun 2012 sebanyak 675 ladang.

"Dengan ini, terjadilah penanaman di luar musim. Dan, kita sudah lakukan percobaan sebelumnya dengan hasil yang tetap berkualitas. Percobaan tanaman di luar musim itu juga mencari areal di luar kebun yang ada dan lebih produktif," jelasnya.

Penanaman yang bertahap ini dilakukan pada pertengahan jalan proses dihentikan karena hujan deras hingga membuat bibit rusak dan terpaksa dilanjutkan pada semester  dua. Karena pengunduran waktu tanam tersebut, dikatakan Taufan membuat waktu penjualan tembakau di Indonesia diundurkan menjadi September 2013 dari tahun sebelumnya pada periode Juli.

"Ya memang harus diundur waktu penjualan karena menunggu produksi selesai dari dua kali pertanaman ini. Dan, itu tidak masalah, karena pihak pembeli kita melalui Hellmering Kohne and Co (HKC) sudah diberitahu dan mereka menyetujuinya," imbuhnya.

Dari 675 ladang yang ditanam tahun ini, produksi tembakau deli diproyeksi sebanyak 1.200 ball hingga 1.300 ball. Sedangkan untuk pertanaman tahun depan, akan dilakukan dengan jumlah yang sama  dengan proyeksi diharapkan sebanyak 1.500 ball.

"Kalau tahun depan cuaca masih sama ditahun ini, tetap akan dilakukan dua kali penanaman. Ini ternyata lebih efisien dan kita mempunyai waktu membangun sarana pada semester 1," ungkap Taufan seraya menambahkan hal tersebut dapat meminimalisasi perusakan daun. (yuni naibaho)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum