Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, October 16, 2012

Mentan : Agroindustri Berkontribusi Penting bagi Petani

Jakarta. Menteri Pertanian (Mentan), Suswono, mengatakan, agroindustri mempunyai kontribusi penting dalam proses industrialisasi dan peningkatan pendapatan petani terutama di wilayah pedesaan. "Pengembangan agroindustri berbasis kemitraan petani perlu diangkat karena kondisi pertanian saat ini masih terpusat pada kegiatan hulu dengan nilai tambah yang relatif rendah," kata Menteri Pertanian dalam penjelasannya mengenai Hari Pangan Sedunia, di Jakarta, Senin (15/10).
Mentan mengatakan, tantangan ke depan yang harus dihadapi adalah meningkatkan nilai tambah dan daya saing komoditas pertanian melalui industrialisasi pertanian di pedesaan.

Menurut Suswono, berdasarkan data selama lima tahun terakhir, jumlah unit usaha agroindustri mengalami peningkatan rata-rata mencapai 5,52% per tahun.

“Pengembangan agroindustri punya arti strategis bagi perekonomian rakyat karena dapat memberikan nilai tambah hasil pertanian melalui pemanfaatan dan penetapan teknologi pengolahan. Dalam penyerapan tenaga kerja, sektor pertanian memiliki kontribusi sebesar 33 persen atau 36,54 juta tenaga kerja nasional," ujarnya.

Mentan juga mengatakan, dari sisi pendapatan sektor pertanian telah memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan petani.    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, angka nilai tukar Petani tahun 2011 sebesar 104,58 meningkat menjadi 105,41 bulan September 2012.
Surplus perdagagan produk pertanian tahun 2011 sebesar US$ 22,77 miliar, dan sampai Juni 2012 surplus perdagangan mencapai US$ 10,56 miliar.

Indonesia akan memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 32 tahun 2012 pada tanggal 18-21 Oktober 2012 di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.  Indonesia mengangkat tema "Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan" dalam peringatan Hari Pangan Sedunia itu.

Rangkaian kegiatan HPS ke 32 tahun 2012 itu meliputi seminar, pengabdian masyarakat, gelar teknologi, acara puncak, perlombaan bazar dan pameran, tur diplomatik-dokumentasi, serta publikasi-penyiaran. (ant)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum