Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, July 10, 2012

....Ekspor Perkebunan Melejit

MEDAN :Nilai ekspor hasil perkebunan nasional pada 2011 mencapai 25 miliar dolar AS atau Rp220 tiriliun lebih, kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Mukti Sarjono.

Dari jumlah tersebut, sekitar 15 miliar dolar AS berasal dari hasil perkebunan sawit dan tujuh miliar dolar AS dari perkebunan karet, katanya di Medan, Selasa 10 Juli 2012.
Tiga miliar dolar AS lain didapatkan dari ekspor berbagai hasil perkebunan lainnya.

Menurut dia, sebagian besar hasil perkebunan yang menjadi komoditas ekspor tersebut berasal dari Sumut yang memiliki berbagai jenis perkebunan yang tersebar di berbagai daerah.

Jumlah pemasukan yang didapatkan negara tersebut belum dihitung dari biaya keluar dari proses ekspor perkebunan Sumut yang mencapai Rp28,3 triliun pada 2011.

Namun sayangnya, seluruh pemasukan dan pendapatan negara tersebut masuk ke dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Pihaknya mendapatkan informasi Pemprov Sumut sudah mengajukan dana bagi hasil dari proses produksi perkebunan yang banyak memberikan pendapatan bagi negara tersebut.

Aspirasi dari Pemprov Sumut itu telah ditindaklanjuti Kementerian Keuangan yang melakukan pengkajian lebih jauh sehingga dana tersebut berpeluang untuk kembali ke daerah itu.

"Jadi ada anggaran untuk meningkatkan produksi perkebunan dan memperbaiki infrastruktur jalan yang digunakan dalam produksi perkebunan," katanya.

Kepala Dinas Perkebunan Sumut Aspan Sofian Batubara mengatakan, provinsi memiliki perkebunan seluas 1.996.402 hektare yang terdiri dari perkebunan rakyat, PTPN, dan perkebunan swasta asing.

Luas perkebunan tersebut terdiri dari berbagai kenis komoditas dari sawit, karet, coklat, kopi, hingga kelapa.

Dari luas perkebunan tersebut, Sumut mampu menghasilkan produksi sebanyak 19.226.435 ton untuk berbagai komoditas.(antara)/Eksp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum