Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, July 6, 2012

Harga TBS di Sumut .......

MEDAN : Petani sawit di Sumatera Utara mengeluhkan harga tandan buah segar atau TBS yang terus turun atau tinggal Rp800-Rp1.000 dari Rp1.200-Rp1.500 per kilogram sebelumnya mengikuti melemahnya harga ekspor.

"Harga TBS tidak menguntungkan lagi karena Rp800 per kg itu merupakan harga pokok TBS," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Asmar Arsjad, di Medan, Jumat 6 Juli 2012.
Di pabrikan, harga TBS juga turun di kisaran Rp1.540-Rp1.580 per kg. Besarnya selisih harga TBS di petani dan pabrikan akibat biaya transportasi dan banyaknya retribusi yang harus dibayar atau ditanggung petani.

Apkasindo berharap, pemerintah membantu petani di saat harga sedang anjlok seperti ini, katanya.

Bendahara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Laksamana Adiyaksa, mengakui, harga crude palm oil (CPO) terus berfluktuasi dengan tren melemah akibat berbagai faktor mulai dari melemahnya permintaan hingga harga minyak mentah yang menurun.

Harga CPO di Rotterdam pada awal pekan ini untuk pengapalan Juli ditutup 1.040 dolar AS per ton, sedangkan harga lokal Rp8.567 per kg.

Fluktuasi harga CPO tentunya berdampak juga pada harga TBS, katanya. "Makanya pengusaha terus berharap agar BK (bea keluar) ekspor CPO ditiadakan, agar jangan semakin membebani petani,"katanya.

Akibat harga ekspor turun, nilai ekspor lemak dan minyak hewan/nabati hingga Mei 2012 turun 0,56 persen dibanding periode sama tahun lalu 1,651 miliar dolar AS.(antara)/Eksp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum