Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, October 29, 2013

Petani Tembakau Taput Keluhkan Fasilitas Jemuran Daun

Petani tembakau di Taput masih memanfaatkan teras rumah sebagai jemuran daun tembakau. Foto|Rinto AritonangTaput-ORBIT: Sejumlah petani tembakau di Kecamatan Pagaran dan Kecamatan  Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengeluhkan  minimnya fasilitas penjemuran daun tembakau. Hal itu membuat  penjemuran terpaksa dilakukan seadanya di depan rumah warga.

“Kami terpaksa melakukan penjemuran daun tembakau seadanya di rumah karena lokasi penjemuran tidak ada lagi,” ujar salah seorang petani tambakau di Kecamatan Pagaran H. Purba kepada Orbit Digital, Selasa, (29/10).


Dia mengatakan situasi ini sudah cukup lama berlangsung dilakukan karena lokasi penjemuran daun tembakau belum ada secara khusus.

Padahal kawasan pertanian tembakau sangat luas di daerah ini, sampai puluhan hektar. Pertanian tembakau menempatkan daerah ini menjadi salah satu sentra penghasil daun tembakau,” ujarnya.
Menurut Purba, sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput telah membuat dan mendirikan beberapa tempat penjemuran daun tembakau.

Sayangnya, selain hasil kebijakan yang disebut jauh dari harapan para petani, jumlah lokasi penjemuran yang terbatas juga menyebabkan tidak semua petani mendapat jatah lokasi penjemuran itu.

“Sebagian ada memang mendapat lokasi penjemuran yang dibuat oleh pemerintah Taput, tapi tidak semua petani yang mendapatnya, sebagian besar masih melakukan penjemuran secara manual di depan rumah,” terangnya.

D. Hutasoit, petani tembakau di Kecamatan Siborongborong juga menyampaikan keluhan yang sama.
Dia mengakui para petani tembakau khususnya di kawasan Siborongborong  hingga saat ini masih kesulitan melakukan penjemuran daun tembakau hasil pertanian.

Untuk itu dia berharap agar pemerintah setempat menambahkan lokasi penjemuran daun tembakau ini sehingga bisa membantu  petani melakukan penjemuran secara teratur.

Apalagi kata dia untuk melakukan penjemuran daun tembakau ini tidak segampang melakukan penjemuran hasil pertanian lainnya seperti jagung dan padi.

”Kalau melakukan penjemuran daun tembakau harus dilakukan di tempat tertutup dan kering, namun tidak bisa langsung kena sinar matahari,” tukasnya.

Laporan|Rinto Aritonang
Editor|M Asril

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum