Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, December 24, 2013

Perkebunan Masih Potensial di Sumut

Medan-: Perkebunan merupakan sektor ekspor yang masih sangat potensial di Sumatera Utara (Sumut). Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, Sudjatmiko.

Kepada wartawan, Jumat (20/12) Sudjatmiko mengatakan sejak beberapa tahun terakhir, hasil perkebunan Sumut seperti CPO, karet, kopi dan teh, tembakau dan kayu masuk dalam 10 besar ekspor utama Sumut.

“Potensi pasar ekspor Sumut 2014 pada kawasan Amerika Utara berupa produk biji kopi, kakao, karet alam, kayu lapis, udang, sarung tangan karet, meubel dan lainnya. Pada kawasan Eropa Timur dan Skandinavia potensi hasil yang diekspor adalah CPO, biji kopi, dan makanan olahan.

Untuk kawasan Asia timur potensi yang diekspor adalah CPO, karet alam, meubel, biji kakao, kayu manis, gambir dan biji pinang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pada kawasan Afrika dan Timur Tengah potensi produk yang diekspor adalah ikan, makanan, olahan, kayu lapis, peralatan bangunan dan handycraft.

“Sementara itu, untuk kawasan Asean yang merupakan mitra dagang utama Sumut, terfokus produk bahan baku dan barang setengah jadi,” ungkapnya

Laporan|MY Rahman Siregar
Editor|M Asril
 ORBIT

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum