Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, May 18, 2013

Perubahan Struktur EPA di Amerika Serikat

 Perubahan Struktur EPA di Amerika Serikat Membuat Ketidakpastian Mengenai Sawit Indonesia
 
JAKARTA: Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan perubahan struktur Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat yang melakukan peninjauan kembali status produk kelapa sawit Indonesia, mengakibatkan tidak adanya penegasan mengenai status produk tersebut."Setelah dinyatakan tidak memenuhi standar ramah lingkungan, saya protes, dan EPA mengirimkan tim ke Indonesia kemudian mendapatkan laporan yang berbeda, namun hal ini tidak dilanjuti karena terjadi perubahan struktur organisasi setelah itu," kata Gita di Jakarta, Sabtu 18 Mei 2013.

Seharusnya, menurut Gita pada Pelepasan Alumni Magister dan Doktor Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), EPA yang melakukan struktur perubahan organisasi, menunjuk delegasi khusus karena hal ini menyangkut kepentingan negara lain.

"Saya katakan, tidak bisa masalah internal mereka mengganggu kepentingan negara-negara lain," ucapnya.

EPA pada 27 Januari 2012 merilis "Notice of Data Availability Environmental Protection Agency" (NODA), yang menyebutkan bahwa kelapa sawit hanya mampu mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 17 persen.

"Dari hasil itu kelapa sawit hanya bisa mereduksi karbon di tahun 2020 sebesar 17%, di bawah 20%. Penelitian empiris harus ada bahwa sawit bisa mereduksi karbon hingga 30%," katanya.

Gita mengaku sudah secara tegas menyatakan kepada Amerika Serikat bahwa produk kelapa sawit ini termasuk kategori ramah lingkungan dengan daya reduksi karbon yang sesuai standar, ditambah dengan penerapan teknologi untuk asumsi beberapa tahun mendatang.

Mendag mengatakan pemerintah akan terus mengemukakan isu ini di forum internasional, di antaranya pada pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Desember 2013.

Dengan tidak masuknya produk kelapa sawit ke dalam produk yang ramah lingkungan, komoditi andalan Indonesia ini gagal mendapatkan keringanan tarif hingga lima persen. Produk kelapa sawit Indonesia juga dikhawatirkan kurang kompetitif secara global dan dikhawatirkan ekspornya menurun.(ant) 
 
-Eksposnews

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum