Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, May 23, 2014

pabrik kelapa sawit bisa menghasilkan listrik

Dahlan: BUMN Kelapa Sawit Harus Bisa Olah Limbah Jadi Listrik

"Itu fantastis sekali," kata Dahlan.

VIVAnews 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, Jumat 23 Mei 2014, meminta perkebunan kelapa sawit milik perusahaan pelat merah bisa menghasilkan listrik. Caranya, mengolah limbah pabrik kelapa sawit."Rapat pimpinan Kementerian BUMN yang panjang membahas bagaimana pabrik kelapa sawit itu bisa menghasilkan listrik," ujar Dahlan di Jakarta.
Menurut dia, jika setiap pabrik di perkebunan kelapa sawit yang ada di Sumatera, termasuk yang milik swasta, bisa mengolah limbahnya menjadi listrik, potensi listrik yang dihasilkannya diperkirakan mencapai 1.000 MW."Itu fantastis sekali," kata Dahlan.Ia menambahkan, ada dua pabrik kelapa sawit milik perusahaan pelat merah yang sudah berhasil melakukannya. Padahal, BUMN kelapa sawit diketahui ada 77 pabrik. Untuk itu, BUMN yang lain diminta mengikuti jejak dua pabrik itu."Kalau yang BUMN, kami putuskan harus tahun ini memulai karena membangunnya perlu 18 bulan," kata Dahlan.Untuk pendanaan pembangunan pembangkit listrik, Dahlan menyarankan meminjam dari perbankan pelat merah juga. "Anggarannya masing-masing perusahaan. Bisa pinjam perbankan dalam negeri. Bank dalam negeri cukup kok," kata Dahlan.PT Perkebunan Nusantara (PTPN) merupakan BUMN mengelola pabrik kelapa sawit. Diharapkan, PTPN bekerja sama dengan perusahaan pelat merah lainnya untuk membangun infrastruktur listrik. "Yang penting, limbah yang selama ini dibuang harus menjadi listrik," kata Dahlan. (asp)

sumber :Mohammad Adam, Arie Dwi Budiawati

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/506773-dahlan--bumn-kelapa-sawit-harus-bisa-olah-limbah-jadi-listrik

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum