Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, June 6, 2014

Integrasi Sawit dan Sapi Mulai Tunjukkan Hasil

http://ptpn6.com
BANDUNG – Sejak 2011, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sudah menerapkan model Integrasi Sawit-Sapi (ISS) pada lahan seluas 100.000 ha perkebunan kelapa sawit dengan skema 25% inti dan 75% plasma. Salahsatu pelaksananya adalah PTPN VI yang mengeelola 2.000 ekor sapi, 70% untuk penggemukan dan selebihnya untuk pembibitan.


“PTPN VI melaporkan telah memetik keuntungan meski baru dua tahun mengembangkan model pengelolaan ISS. Perusahaan bisa mempratekkan pola siklus biologis dengan mengolah limbah pohon kelapa sawit menjadi pakan dan kotoran ternak menjadi pupuk organik,” kata Anggota Komisi IV DPR, Habib Nabiel Almusawa, dalam rilisnya ke “PR Online”, Kamis (6/6/2014).

Dengan bantuan lembaga penelitian, limbah perkebunan seperti pelepah dan bungkil bisa untuk pakan. Penggemukan dengan pakan olahan tersebut bisa menaikan bobot sapi antara 0,5 – 1,2 kg/hari/ekor. “Hasil tersebut akan lebih maksimal apabila dipadukan dengan temuan praktisi penggemukan sapi di Sumatera Barat,” tambahnya.

Dharmansyah, praktisi peternakan sapi di Sijunjung, kata Habib, menemukan bakteri yang memiliki kemampuan daya urai tinggi. Mampu mengurai makanan hingga 80 persen. “Bakteri biasa yang ada dalam pencernaan hewan ruminansia hanya mampu mengurai makanan maksimal 35 persen,” ujarnya.

Tingginya daya urai bakteri ini membuat daya serap ternak ruminansia terhadap makanan menjadi lebih baik, sehingga pertumbuhan bobot badannya jadi lebih cepat. Dengan mencampur bakteri ini kedalam makanan sapi, bisa meningkatkan bobot badan mencapai 2,4 kg/hari/ekor. “Potensi yang kita miliki sungguh luar biasa. Karena itu jangan pernah pesimis dengan program swasembada daging,” ucapnya.



Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/284023

Sumber lain memberitakan : 

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum