Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, June 10, 2014

Labusel : Pekerja Sektor Perkebunan Mendominasi

Labusel. Petani dan pekerja di sektor perkebun merupakan profesi yang lebih dominan digeluti masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel). Jumlah ini lebih tinggi dibanding warga yang berprofesi sebagai pekerja di sektor perdagangan. Alasannya, ketersediaan lapangan usaha sektor industri pertanian lebih menonjol bila dibandingkan sektor perdagangan.

"Kondisi geografis dan iklim, juga mendukung," ungkap Ketua Jaringan Intelektual Muda Indoensia (JIMI) Labusel SA Siregar, Minggu (8/6) di Kotapinang.

Pendidikan masyarakat dan jumlah penduduk kata dia, juga mempengaruhi. Di Labusel, terdapat 23 industri, baik perusahaan besar dan skala kecil. Dengan rata-rata perusahaan mengelola ataupun menghasilkan bahan baku hasil pertanian berupa tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dan getah karet.

Seperti di Kecamatan Torgamba kini berdiri 13 perusahaan perkebunan TBS sisanya berada di empat kecamatan lainnya. Dari lapangan usaha pekerjaan di bidang pertanian termasuk kehutanan, diperkirakan mencapai 81.912 orang pekerja. Diantaranya, pekerja laki-laki berjumlah 59.550 orang dan pekerja perempuan sebanyak 22.362 orang.

Sementara di sektor perdagangan termasuk pedagang besar, eceran, rumah makan serta hotel diperkirakan mencapai 15.813 orang. Pekerja laki-laki berjumlah 8.480 orang dan pekerja perempuan sebanyak 7.333 pekerja.

Sedangkan faktor pendidikan, katanya yang tamatan sekolah dasar (SD) diperkirakan berjumlah 47.809 orang, SLTP berjumlah 30.428 orang dan SLTA 30.822. Faktor usia masyarakatnya, yang berusia 15 tahun ke atas diperkirakan bekerja berjumlah 109.059 orang, pengurus rumah tangga 39.921 IRT, bersekolah berjumlah 23.062 orang dan pengangguran berjumlah 10.201 orang.

"Diharapkan, pemerintah daerah mampu memberikan perimbangan serta meningkatkan perekonomian masyarakat dari segi profesi yang ada di Labusel," kata Siregar.

Sementara Plt Kabag Humas dan Infokom Labusel Muhammad Irsan, mengatakan, dalam menunjang perekonomian masyarakat dari segala bentuk profesi yang dimiliki, pemerintah daerah terus berupaya memberikan pelayanan dan pembangunan ke arah lebih baik dengan segala program. ( fajar dame harahap)

Sumber : Medanbisnisdaily

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum