Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, June 10, 2011

Devisa Sumut dari CPO Terus Meningkat

Nilai ekspor minyak sawit mentah Sumatera Utara (Sumut) pada triwulan I 2011 naik 39,53 persen dari periode sama tahun lalu atau mencapai 1,292 miliar dolar AS yang dipicu harga jual yang mahal.

Bendahara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Sumut, Laksamana Adiyaksa di Medan, Jumat, 10 Juni 2011, mengatakan, harga ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) 1.177 dolar AS/ton pada penutupan di bursa Rotterdam 8 Juni lalu dan bursa lokal sebesar Rp8.737/kg.

Mahalnya harga CPO itu akibat pasokan yang ketat dari negara produsen termasuk Indonesia, harga minyak bumi yang bertahan tinggi dan menguatnya permintaan.

Diperkirakan, harga CPO itu bertahan atau bahkan meningkat karena produksi masih akan ketat ditengah permintaan yang stabil.

Corporate Service Director PT.ANJ Agri Siais, Hari Witono, mengakui menurunnya hasil tandan buah segar (TBS) di perkebunan akibat kemarau.

Produksi yang turun itu membuat harga TBS tetap mahal atau Rp1.670/kg, katanya.

Produksi kemungkinan baru akan naik mulai Agustus atau September ,namun diduga tidak banyak karena faktor anomali cuaca.

Kabid Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Erwin Said, mengatakan, nilai ekspor golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati Sumut tiap bulannya tren naik.

Pada April lalu misalnya, devisa dari golongan barang itu naik signifikan, yakni 78,89 persen dari Maret atau mencapai 359,921 juta dolar AS.(EXp)

Ekspor CPO Sumut itu terbesar ke negara India, China dan Eropa. (ant)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum