Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, December 27, 2011

KALIANDA-Produksi tandan buah segar sawit di kalangan petani Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung meningkat seiring dengan curah hujan yang cukup di daerah itu.

"Tandan buah segar sawit mulai pulih dibandingkan dengan saat kemarau lalu yang membuat pendapatan petani sangat minim," kata Mariadi, petani sawit di Desa Bangunsari Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Minggu 25 Desember 2011.
Ia mengatakan, peningkatan produksi tandan buah segar sawit ini memang belum begitu signifikan karena perkebunan belum sepenuhnya pulih akibat dari musim kemarau lalu.

"Peningkatan baru sekitar 30 persen atau dari 1,6 menjadi 2,0 ton per hektare, sedangkan saat normal mencapai 2,5 ton," katanya.

Saat ini curah hujan mulai tinggi antara dua sampai tiga kali dalam sepekan dan kemungkinan awal 2012 lebih tinggi lagi, sehingga produksi sawit diprediksi kembali normal.

Petani sawit setempat lainnya Edi Susanto, mengatakan produksi sawit sudah meningkat dan beberapa waktu ke depan akan pulih seperti saat normal karena curah hujan mulai tinggi.

Harga sawit saat ini masih stabil mencapai Rp1.450 per kilogram untuk tandan buah segar kualitas, sedangkan tandan buah segar asalan Rp1.200 per kilogram.

Ia mengharapkan, harga buah sawit terus meningkat karena sejak beberapa waktu lalu bertahan di bawah Rp1.500 per kilogram di tingkat petani.

Sementara itu, salah satu pengumpul, Kustowo mengatakan, produksi sawit sudah meningkat dibandingkan dengan beberapa bulan lalu bertepatan dengan musim kemarau produksi sawit minim.

Bahkan, banyak tanaman sawit tidak berbuah dan bunganya kering karena kekurangan pasokan air hujan.

"Harga sawit saat ini masih stabil di berbagai tingkatan mencapai Rp1.400 per kilogram," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Perkabunan Lampung Selatan luas perkebunan sawit plasma di daerah itu mencapai 6.608 hektare dengan produktivitas 2.015 kilogram per hektare.(antara)Eksp

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum