Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, August 13, 2013

Bakti, Produksi Bibit Karet B-29

Talun Kenas. Membudidayakan bibit rambung atau karet dengan kualitas unggul adalah rutinitas yang dilakukan Bakti, di penangkaran miliknya di Desa Talun Kenas, Kabupaten Deliserdang. Mengawinkan dua jenis karet dengan cara okulasi akan menghasilkan produksi karet yang lebih baik. "Proses pembibitan yang kami lakukan dengan cara menyemai biji karet hingga berumur tujuh bulan.
Kemudian biji yang tumbuh tadi dimasukkan ke dalam polibag untuk selanjutnya diokulasi dengan mata jenis rambung unggulan, supaya hasilnya lebih baik," ucap Bakti, saat ditemui MedanBisnis, Minggu (11/8) di lokasi penangkarannya.

Bakti juga mengakui bibit karet hasil tangkaranya sudah merambah berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut) maupun ke luar provinsi seperti Jambi.

"Untuk pemasaran bibit, kami sudah sampai ke Jambi. Bulan lalu terakhir kami kirim ke Jambi sampai ribuan batang bibit rambung unggulan, jenisnya B-29 serta beberapa daerah di Sumatera Utara," sebutnya.

Untuk harga ia mengatakan, berkisar Rp 4.500 per batang dengan tanaman yang sudah berdaun atau satu payung. “Biasanya perbanyakan bibit kami lakukan jika memang sudah ada pesanan," ucap Bakti.

Untuk  mengelola pembibitannya, Bakti mengaku belajar dari temannya Irjon yang merupakan Sarjana Pertanian. "Kalau ada kendala dalam proses pembibitan, biasanya kami saling diskusi. Jadi bisa saling membantu, karena mengawinsilangkan tanaman untuk mendapatkan hasil yang lebih baik adalah kesukaan saya," ucap Irjon yang kebetulan ada di lokasi tersebut. (cw 05)MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum