Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, August 13, 2013

Harga Karet Petani Sumut Tinggal Rp 4.000/Kg

Medan. Petani karet di Sumatera Utara (Sumut) mengeluhkan harga jual getah karet yang bertahan bahkan semakin rendah atau tinggal Rp 4.000 per kg.
"Betul-betul susah, harga getah hanya Rp 4.000 per kg, padahal produksi juga sedikit akibat cuaca ekstrem," kata petani karet di Rantau Prapat, K. Siregar, di Medan, Senin (12/8).Mengutip pernyataan pedagang pengumpul, Siregar menyebutkan, masih murahnya harga getah itu karena permintaan dan harga ekspor karet bertahan melemah di pasar internasional.

"Entahlah bagaimana nasib petan karena bukan hanya harga karet yang turun, sawit juga begitu," katanya.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut Edy Irwansyah, mengakui, harga ekspor karet itu tren melemah.

Terakhir pada tanggal 6 Agustus, harga ekspor karet SIR 20 tercatat US$ 2,279 per kg untuk pengapalan September bahkan lebih murah lagi untuk Oktober yakni US$ 2,255 per kg.

Dengan harga sebesar itu di pasar bursa Singapura, harga bahan olah karet (bokar) di pabrikan Medan juga hanya Rp 18.440-Rp 20.440 per kg.

"Tahun ini memang masih menjadi tahun yang sulit bagi komoditas karena harga jual dan termausk permintaan  tren semakin melemah dampak krisis global yang masih dirasakan," katanya. (ant)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum