Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, August 21, 2013

Kementerian ESDM Genjot CPO untuk Gantikan BBM

JAKARTA - Pemerintah menargetkan dapat pengembangan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sebesar 25 persen pada 2020. Dengan demikian, maka penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dapat ditekan.
"Pasalnya target pemerintah untuk peran EBTKE yakni untuk mengurangi ketergantungan impor BBM yang sebesar 400 ribu barel per hari untuk kebutuhan listrik dan energi lain,"

ungkap Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Suswoutomo di JCC, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Dia menambahkan, untuk konservasi energi penyediaan sektor listrik misalnya mampu membuat biodiesel dari Crude Palm Oil (CPO) sebesar 100 ribu barel per hari akan mengurangi impor BBM yang dilakukan selama ini. "Kalau kita bermimpi saja kita bisa membuat biodiesel 100 ribu bph maka kita bisa mengurangi impor," jelasnya.
Sehingga, untuk mengurangi impor BBM alangkah baiknya Indonesia memproduksi biodiesel. Menurutnya, kebutuhan biodiesel 100 ribu barel per hari menggunakan biodiesel dengan 3-4 juta ton CPO.
"Kalau 200 ribu barel per hari membutuhkan 6-7 juta ton per tahun. Ini pertama akan membuat impor BBM akan turun, harga CPO akan naik serta industri akan baik," ucap Susilo.
Dia mengungkapkan, untuk peran kedua EBTKE sektor listrik dari energi panas bumi. Menurutnya, pemberdayaan ini harus dilakukan Kementrian ESDM.
"Saat ini untuk panas bumi 2013 total pembangkitan listrik sebesar 1360 mw, target pemerintah sebesar 6.600 mw. Tiap tahun kita harus bangun PLTP paling tidak 300-500 mw, itu tantangan kita. Sedangkan konservasi energi yang tadi mampu mengurangi BBM, mengurangi pembangkit listrik tenaga diesel," tandasnya.

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum