Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, October 23, 2011

Distanbun Sosialisasikan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Padangsidimpuan-. Menghindari terjadinya kebakaran lahan yang berakibat buruk bagi lingkungan dan kesehatan, serta ekonomi sosial bahkan terganggunya hubungan bilateral dengan luar negeri, pemerintah mengeluarkan peraturan tegas yang melarang pembukaan lahan tanpa bakar, yakni Undang-undang No 18 tahun 2004.
Karena itu, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Tapanuli Selatan (Distanbun Tapsel) melakukan sosialisasi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang dilaksanakan,
Jumat (21/10) di aula KPN Budi Luhur Padangsidimpuan dan dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Perkebunan Tapsel Bakhrian Lubis .

Dihadapan 30 petani dari 6 kecamatan yang hadir, Makmar nara sumber yang didatangkan dari Dinas Perkebunan (Disbun) Sumatera Utara mengatakan, pembukaan lahan dapat dilakukan dengan cara manual, mekanis atau semi mekanis. Secara manual dilakukan dengan memotong dan mencincang tanaman lama kemudian sisa-sisanya diletakkan sebagai pilar/batas lahan dengan pola pembuatan jalur.

Selain menghindari terjadi kebakaran, cara manual ini juga dapat memberikan dampak positif bagi penambahan nilai ekonomis petani. Karena kayu dengan ukuran besar dapat dijual untuk bahan bangunan, sedangkan sisa-sisa pencincangannya lama-kelamaan akan menjadi humus/pupuk organik yang membuat petani tak harus membeli pupuk.

Selanjutnya, untuk peningkatan keberhasilan, petani diingatkan untuk tidak meletakkan tanah bekas pengikisan rumput berdekatan dengan tanaman baru. Karena itu tidak akan menyuburkan tanaman baru bahkan menyebabkan tanaman cepat mati.

Sementara itu, penguatan materi pelarangan pembukaan lahan tanpa bakar disampaikan oleh Irwan Tampubolon. Dalam paparanya, Irwan menggambarkan bahaya yang akan ditimbulkan secara global, dimana akan terjadi pemanasan global dengan menimbulkan efek hujan asam. Irwan juga meminta agar petani paham dan mengerti tentang pembukaan lahan tanpa bakar, sehingga dapat diimplementasikan di desa masing-masing. (ck 03)/MB

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum