Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, October 19, 2011

Ekspor Tembakau Sumut 152,534 Juta Dolar

LELANG TEMBAKAU. Dubes RI di Jerman Eddy Pratomo (kedua kanan) di dampingi Konjen Hamburg Teuku Darmawan mendapat penjelasan mengenai daun tembakau dari ManagingDirector DITH, Wolfgang G. Koehne (kedua kiri) saat lelang tembakau Indonesia di Balai Lelang Bremer Tabakborse Bremen, Jerman, Kamis (26/6). Tembakau Indonesia yang dilelang milik PT Perkebunan Nusantara II dan PT Perkebunan Nusantara X Surabaya masih tetap diminati meskipun jumlahnya jauh berkurang FOTO ANTARA/Zeynita Gibbons/ss/pd/09
MEDAN- Nilai ekspor tembakau Sumatera Utara hingga Agustus mencapai 152,534 juta dolar AS di tengah mulai dilaksanakannya pelelangan komoditas itu di daerah tersebut setelah sebelumnya di Bremen, Jerman.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, di Medan, Rabu, mengatakan, nilai ekspor tembakau Sumut pada Januari-Agustus 2011 yang sebesar 152,534 juta dolar AS itu naik sedikit atau 0,82 persen dari realisasi periode sama tahun sebelumnya yang 151,289 juta dolar AS.
“Tampaknya tidak ada pengaruh negatif digantikannya lelang tembakau itu di Sumut dari sebelumnya di Bremen yang terlihat dari stabilnya nilai ekspor tahun ini,” katanya.

Pada Agustus, nilai ekspor tembakau Sumut mencapai 19, 918 juta dolar AS dari Juli yang 18,531 juta dolar AS.

Ekspor tembakau Sumut hingga dewasa ini masih terbesar ke Jerman.

Kepala Urusan Humas PT Perkebunan Nusantara II, Rahmuddin, sebelumnya mengakui bahwa lelang tembakau sudah mulai dilakukan di Sumut.

Meski demikian, kata dia, perusahaan itu tetap juga mengirim contoh tembakau tersebut ke Bremen agar pedagang di negara itu atau dari negara lain bisa melihat tembakau yang akan dilelang di Sumut.

Kalau pedagang asing berminat bisa melakukan pemesanan langsung, katanya.

Sistem pelelangan di dalam negeri dilakukan untuk meningkatkan efisiensi.

Selain menghemat biaya sewa gudang yang selama ini dikeluarkan untuk menyimpan tembakau di Bremen, pelelangan di dalam negeri juga membuat manajemen lebih leluasa dalam berjual-beli.

Dengan sistem itu, diharapkan makin memperkuat daya saing dan posisi tawar tembakau Indonesia, katanya.(Ant_su)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum