Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, October 2, 2011

Kelapa Sawit Komoditas Kebanggaan Bangsa Indonesia

AVROS-Proefstation Voor de Rubbercultuur te Kampoeng Baroe 1925 (Soedjai Kartasasmita)
Medan,-. Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumatera Utara, Balaman Tarigan mengatakan, komoditas dari Indonesia yang masih bisa dibanggakan saat ini adalah kelapa sawit.
 
"Dulu kita terkenal sebagai penghasil rempah-rempah sehingga dicari negara-negara Eropa. Tapi sekarang bagaimana nasib rempah-rempah tersebut. Kita dikenal sebagai bangsa bahari, tapi ikan saja saat ini harus diimpor," ujarnya di hadapan 95 siswa pada Education Care on Palm Oil-2011, Kamis (29/9).

Soedja’i Kartasasmita dalam orasi ilmiahnya mengemukakan bahwa perkembangan perkelapasawitan di Indonesia tidak terlepas dari peran penting institusi riset yang memiliki pondasi kokoh sejak berdiri 95 tahun lalu. 

Kegiatan yang digelar Pusat Peneltian Kelapa Sawit (PPKS) dan Gapki Sumut serta didukung Smart (PT Sinar Mas) tersebut diikuti 95 siswa di Kota Medan dari SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, SMK 2, SMK3, SMA Harapan 1, SMA Angkasa, SMA Prima One School, SMA Harapan Mandiri dan SMA WR Supratman di aula PPKS, Kamis (29/9) Jalan Brigjen Katamso.


Menurut Balaman, kelapa sawit merupakan rezeki bagi bangsa Indonesia karena tumbuh subur, bahkan lebih subur dari daerah asalnya di Afrika.



Sayangnya lanjut Balaman, banyak kampanye negatif tentang kelapa sawit yang dihembuskan orang luar termasuk dari Indonesia sendiri. "Ada yang mengatakan, sawit merusak lingkungan, sawit menyendot air dan sebagainya. Tapi mana buktinya?" Tanya Balaman.



Yang jelas lanjutnya, sawit menghasilkan oksigen yang membuat udara bersih. "Mana bukti kalau sawit menyedot banyak air. Lihatlah di Sumatera Utara sejak puluhan tahun bahkan hampir ratusan tahun sudah ditanami kelapa sawit. Tapi di mana yang sudah menjadi gurun pasir?" Tanyanya.


Demikian pula ada yang mengatakan minyak goreng mengandung kolesteral. "Mana ada vegetable oil yang mengandung kolesterol? Itu hanya kampanye negatif saja," ujarnya.



Kampanye Negatif


Hal senada dikatakan Direktur PPKS Witjaksana Darmasaskoro. Menurutnya banyak kampanye negatif yang dilontarkan orang luar tentang kelapa sawit meski belum ada penelitian tentang itu.


"Karena itu ia berharap agar kegiatan ini bermanfaat kepada siswa agar mengerti bagaimana tentang kelapa sawit yang sebenarnya.


Sementara itu Dr Luqman Erningpraja dalam konferensi persnya menjelaskan, Education Care on Palm Oil dilakukan untuk memberikan pondasi keilmuan perkelapasawitam kepada siswa.


Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Dr Edy Sigit Sutarta mengatakan, momentum peringatan ulang tahun PPKS ini dijadikan sebuah semangat dalam memberikan yang terbaik untuk negeri



Kegiatan ulang tahun PPKS ini dilakukan dalam waktu sepekan yang terdiri dari tiga kegiatan besar, kegiatan ilmiah berupa orasi ilmiah dan pameran riset, kegiatan kemasyarakatan berupa donor darah dan penanaman pohon serta kegaiatn olahraga berupa jalan dan sepeda santai.


(rrs)/PTPN4

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum